Kebijakan, proses, dan kompleksitas pembelajaran kombinasi antara luring dan daring di sman 4 rejang lebong
Asha, Lukman Kebijakan, proses, dan kompleksitas pembelajaran kombinasi antara luring dan daring di sman 4 rejang lebong. BIDAYAH: STUDI ILMU-ILMU KEISLAMAN, 13 (1). ISSN 2615-2355
Full text not available from this repository.Abstract
Abstract Salah satu strategi pedagogis efisien di masa Pandemi Covid-19 adalah penerapan pembelajaran kombinasi. Strategi ini juga diterapkan oleh SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pembelajaran kombinasi selama pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Rejang Lebong. Penelitian ini mengadopsi desain studi kasus. Partisipan penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan 10 orang guru. Mereka dipilih secara purposif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan model interaktif. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran kombinasi dilakukan secara selang-seling per dua minggu, yang mana ini dilatarbelakangi oleh peraturan pemerintah dan hasil kesepakatan dengan pihak siswa dan wali murid. Media utama pembelajaran daring adalah portal E-learning. Beberapa media alternatif yang guru gunakan meliputi Google classroom, Youtube, WhatsApp, dll. Beberapa media daring membuat pembelajaran menjadi lebih terorganisir. Namun, tetap ada kendala eksternal seperti faktor pedagogis teknologi guru, faktor digital literasi murid, dan kendala fasilitas daring. Keywords: pembelajaran kombinasi, kebijakan, proses, kompleksitas, daring, luring
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||
Divisions: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||
Depositing User: | Mrs. Eke Wince | ||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 04:11 | ||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 04:11 | ||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1010 |
Actions (login required)
View Item |