Manajemen Layanan Perpustakaan IAIN Curup Dalam Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19

  • Muhammad Abdu
  • Endang Endang
  • Shella Ponikasari
  • Muhammad Amin
  • Abdul Sahib
Keywords: Manajemen, Layanan Perpustakaan, Kebutuhan

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 banyak memberikan dampak terhadap kegiatan manusia, termasuk kegiatan perpustakaan yang selama ini dilakukan. Masalah utama yang diangkat pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan perpustakaan IAIN Curup dilihat dari sistem perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa di masa pandemi Covid-19 ditinjau dari layanan karya tulis ilmiah dan layanan referensi. Jenis penelitian ini yakni penelitian lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, berupa kata-kata, tulisan, atau lisan dari subjek yang diamati yaitu, kepala perpustakaan, pustakawan layanan karya tulis ilmiah dan layanan referensi dan mahasiswa IAIN Curup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpustakaan IAIN Curup telah melaksanakan manajemen layanan perpustakaan mulai dari perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaannya yaitu layanan karya tulis ilmiah dengan menyediakan perpustakaan digital (E-Library) seperti repository dan e-theses dan layanan referensi dengan menyediakan layanan Online Public Acces Catalog (OPAC), aplikasi Kubuku, serta layanan bebas pustaka online atau SKBPP (Surat Keterangan Bebas Pinjaman Perpustakaan), serta proses evaluasi. Manajemen layanan perpustakaan ini mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa di masa pandemi dengan strategi tersebut.

References

Ashari, Ery. "Implementasi Teknologi Informasi Dalam Manajemen Repository Koleksi Karya Ilmiah Di Perpustakaan." Skripsi Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014.
Jejen Musfah, Tips Menulis Karya Ilmiah, (Jakarta: Kencana, 2016).
Lasa Hs, Manajemen Perpustakaan Sekolah, (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2007).
Purwono, Profesi Pustakawan Menghadapi Tantangan Perubahan (Yogyakarta: Ruko Jambusari, 2013).
Rahmawati dan Destri, Implementasi program kerja pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dalam pemberdayaan ekonomi rumah tangga muslim di Kabupaten Lampung Tengah. (Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2017).
Rifa'i, Moh, and Muhammad Fahrizal Amin. "Manajemen layanan perpustakaan universitas pascaunifikasi perguruan tinggi di perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo." Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7.1 (2019), hlm. 75.
Rodin, Rhoni. "Urgensi kualitas pelayanan perpustakaan perguruan tinggi." Al-Kuttab: Jurnal Per-pustakaan dan Informasi 2.1 (2015).
Suharso, Putut, Imaniar Putri Arifiyana, and Mizati Dewi Wasdiana. "Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19." Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi 4.2 (2020).
Sutarno NS, Manajemen Perpustakaan, (Jakarta: Sagung Seto, 2006)
Published
2021-07-17
Section
Articles