Peran Layanan Akademik Dosen Dalam Proses Belajar Dan Penyelesaian Tesis Mahasiswa PAI Pascasarjana IAIN Curup

Authors

  • Hairul Muslimin SMP Negeri 1 Rejang Lebong
  • Kusen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
  • Murni Yanto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Keywords:

Peran Layanan, Layanan Akademik

Abstract

Pendidikan menuntut suatu perubahan diri dari seseorang. Baik itu perubahan sikap, perilaku, maupun potensi lahir yang berkembang seiring dengan proses pendidikan. Salah satu komponen pendidikan adalah dosen. Dosen dalam konteks pendidikan mempunyai peranan besar dan strategis. Layanan akademik yang dikeluhkan sebagian besar mahasiswa yakni pembelajaran yang kurang efektif, dosen yang kurang optimal dalam memberikan bimbingan tesis, kurangnya perhatian dosen terhadap mahasiswa, tidak mendapatkan buku pedoman thesis, serta fasilitas pendukung lainnya yang kurang memadai. Pembelajaran yang kurang efektif, Hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam bimbingan tesis antara lain sulitnya menemui pembimbing karena padatnya jadwal mengajar di kampus. Kurangnya perhatian dosen terhadap mahasiswa, serta fasilitas pendukung lainnya yang kurang memadai, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di pascasarjana IAIN Curup. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi kemudian data ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan dosen pascasarjana yakni mempasilitasi tugas-tugas atau kerja akademik mahasiswa. Adapun bentuk peran layanan Akademik dosen dalam proses pembelajaran di Pascasarjana seperti: Memberikan tugas kepada mahasiswa, Menjawab pertanyaan ilmiah diluar mata kuliah, Bimbingan proposal, Bimbingan tesis, Konsultasi masalah judul tesis, Konsultasi mata kulah. Peran dosen dalam proses penyelesaian tesis mahasiswa di Pascasarjana yakni Selalu Mendukung mahasiswa yang sedang menggarap tesis untuk lulus tepat waktu, Membimbing mahasiswa dalam topik penelitian, format penulisan dan lainnya, Memberikan arahan kepada mahasiswa apabila ada kesalahan dalam menulis tesis, Menyediakan dan meluangkan waktu untuk membimbing mahasiswa

References

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)

Anggi Satrado, “Peran Guru MAN Talang Leak Dalam Mengantisipasi Pergaulan Bebas Di KalanganSiswa.” Tesis. (Jurusan Tarbiyah STAIN Curup, Curup, 2014)

Basrowi & Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif,(Jakarta:PT Rineka Cipta,2008)

Dahlan Alwi, dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)

Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)

Eveline Siregar dan Hartini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011)

Glendoni, Komponen-Komponen Pembelajaran, diakses 30 Oktober 2013

https://id.wikipedia.org/wiki/Tesis

Ika Setianingsih et al, Menjinakkan Komersialisasi Pendidikan, (Yogyakarta: UMP Press dan Litera Buku, 2012)

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakatra, Gaung Persada : 2000)

L.P Sinambela, Reformasi Pelayanan Publik ; Teori, Kebijakan dan Implentasi, (Jakarta : PT. Bumi Ksara, 2010), cetakan kelima

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2013.

Masnur Muslich Maryaeni, Bagaimana menulis Tesis, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), cet 1

Miftahul huda, Jurnal Dialogia, Vol.9, No.2 , 2011

Mulyasa, Standar dan Sertifikasi Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008)

Ondi Saondi dan Aris Suherman, Etika Profesi Keguruan, (Bandung: Refika Aditama, 2012)

Pakpahan, Sondang Purnamasari. (2004). Persepsi mahasiswa UPBJJ-UT Medan tentang pelayanan akademik dan non-akademik yang diberikan oleh UPBJJ-UT Medan. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, vol 5

Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, volume 15 nomor 2 (September 2014)

Program Pasca Sarjana Universitas Terbuka Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram”, Jurnal

Purwadarminta, 2005 dalam Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 2006

Rizali, Ahmad. 2009. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Penerbit: Grasindo.

Rosita et. al, dikutip oleh Hery Susanto, “Pengaruh Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa

Samsul Nizar dan M. Syaifudin, Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2010)

Santyasa, I. W. 2007. Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 2, Desember 2018)

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tentang Guru dan Dosen, (Bandung: Citra Umbara, 2005),

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008)

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajara, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Downloads

Published

2022-12-10

Issue

Section

Articles