Manajemen Karakter siswa dalam menumbuhkan halaqah tahfidz Al-quran di SMPIT Khoiru Ummah Curup

Yanto, Murni (2022) Manajemen Karakter siswa dalam menumbuhkan halaqah tahfidz Al-quran di SMPIT Khoiru Ummah Curup. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Specia. pp. 605-620. ISSN 2581-1754

[img] Text
3539 - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
4. TURNITIN Manajemen Karakter siswa dalam menumbuhkan halaqah tahfidz Al-quran di SMPIT Khoiru Ummah Curup.pdf - Supplemental Material

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/...

Abstract

Manajemen halaqah tahfizhul qur'an merupakan salah satu keberhasilannya. Sebagai sekolah Islam, SMPIT khoiru ummah Curup mengajarkan manajemen halaqah Tahfizhul Qur'an sebagai mata pelajaran utama. Siswa akan mendapat kesan bahwa Allah SWT selalu mengawasi mereka jika mereka membaca dan menghafal Al-Qur'an terus-menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengelolaan Halaqah Tahfzhul Qur'an di SMPIT Khoiru Ummah Curup. Peneliti melakukan observasi langsung terhadap siswa SMPIT Khoiru Ummah, sehingga data dikumpulkan secara kualitatif bukan numerik. Penulis aktif mengikuti kegiatan SMPIT Khoiru Ummah sebagai bagian dari studi observasional partisipan ini. Dalam hal metode pengumpulan data ini, penulis merekam setiap perkataan dan tindakan siswa, mewawancarai pimpinan dan staf pengajar, serta foto dan video dari kegiatan tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Siswa peserta Halaqah harus melewati dua tahapan dalam rangka implementasi Manajemen Halaqah tahfidzhul Qur'an di SMPIT, yaitu a) Manajemen Perencanaan Halaqah Tahfizhul Qur'an di SMPIT Khoiru Ummah Siswa yang belum memasuki tahfizh (hafalan) ) masuk program tahsin yang diawali dengan pelajaran tahsin yang disesuaikan dengan kemampuan membaca (kompetensi dasar) masing-masing siswa. Hal ini dilakukan sesuai dengan lahjah”arobiyah, b) dan bertujuan untuk mengembangkan kefasihan dalam membaca. Setelah menyelesaikan tahap tahsin, tahap selanjutnya adalah program tahfizh. 3) Setelah mengikuti halaqah pengelolaan halaqah Tahfizhul Qur’an halaqah, peserta mulai menunjukkan sifat jujur, disiplin, tanggung jawab, istiqomah (konsisten), optimis, dan santun.Program takhassus dirancang untuk siswa yang fasih membaca dan memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi untuk menghafal.Program reguler dirancang untuk siswa yang fasih membaca tetapi memiliki kemauan dan kemampuan untuk menghafal.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Management, halaqah, tahfidz Al-Qura’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:03
Last Modified: 27 Jan 2023 02:38
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item