Persepsi Mahasiswa PAUD Terhadap Pentingnya Kemampuan Entrepreneurship dalam Kesiapan Menghadapi Tantangan di Era Digital

Author


Murni Yanto(1Mail),
Manajemen Pendidikan, Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 412KB]  Language: en
Published : 2023-01-12
Copyright (c) 2023 Murni Yanto

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 0 times PDF Downloaded: 0 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa PAUD terhadap pentingnya kemampuan entrepreneurship dalam kesiapan menghadapi tantangan di era digital. Penelitian dilakukan  pada bulan Juni 2022. Sampel penelitiannya adalah 66 mahasiswa Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PG-PAUD FKIP UNIB sebagai sampel dalam penelitian ini memiliki persepsi bahwa kemampuan entrepreneurship dalam kesiapan menghadapi tantangan di era digital itu penting.


Keywords


persepsi mahasiswa; kemampuan entrepreneurship; tantangan era digital

References


Aliah, S., Trihantana, R., & Suryani, E. (2021). Penyuluhan Pentingnya Peranan Keluarga Terhadap Pengembangan Minat Berwirausaha Ekonomi Dan Bisnis Islam Dalam Diri Seorang Anak. Sahid Empowerment Journal, 1(1), 77–91.

Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi Ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. Https://Doi.Org/10.31334/Jks.V2i2.736

Aryantiningsih, D. S., & Suryani, L. (2021). Pentingnya Menumbuhkan Jiwa Enterpreneurship Bagi Anak Panti Asuhan As-Salam. Jurnal Graha Pengabdian, 3(2), 147–158.

Budiwibowo, A. K., & Nurhalim, K. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Warga Belajar Kejar Paket C. Journal Of Nonformal Education, 2(2), 168–174.

Budiyati, E. (2021). Peningkatan Jiwa Entrepreneurship Bagi Siswa Smk. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (Jipemas), 4(3), 440. Https://Doi.Org/10.33474/Jipemas.V4i3.11270

Diawati, P., Mulyati, E., Yusril, Suparno, & Bambang. (2022). Ekosistem Kewirausahaan Dalam Membangun Mindset Kewiraushaan Di Era Digital Pada Mahasiswa Politeknik Pos Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2071–2078.

Elizar. (2018). Pengembangan Program Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Elsa, 16(1), 22–32.

Hamdan, H. (2019). Model Pengembangan Kreativitas Dan Inovasi Dalam Membentuk Entrepreneur Di Era Ekonomi Digital. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 59–68. Https://Doi.Org/10.26905/Jmdk.V7i1.2548

Hapsari, N. R., & Nurhajijah, S. (2020). Apakah Wirausaha Wanita Siap Dalam Menghadapi Era Digital? Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Industri, 2(2), 20–24. Https://Doi.Org/10.52061/Ebi.V2i2.19

Harkins, A. M. (2008). Leapfrog Principles And Practices : Futures Research Quarterly, Vol 24(1), 1–15.

Ilahiyyah, I., Iriani, S. S., Harti, H., & Izzuddin, M. G. (2021). Implementasi Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Entrepreneurial Mindset Dan Entrepreneurial Skills Pada Siswa Smk Nurul Islam. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 197. Https://Doi.Org/10.30588/Jmp.V11i2.885

Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147–152.

Lim, & Andryan, C. (2016). Pengaruh Pengetahuan Dan Self Efficacy Terhadap Niat Entrepreneurship Mahasiswa Universitas Ciputra. Jurnal Manajemen Dan Start - Up Bisnis, 1(3), 349–357.

Mariana, L., Yuliani, N. F., Rachman, S., Indarwati, I., & Siswanto, A. (2021). Pemberian Motivasi Entrepreneurship Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Mandalle Kabupaten Gowa. Jurnal Ipmas, 1(1), 30–36.

Masni, H., Rahima, A., & Hutabarat, Z. S. (2021). Implementasi Penanaman Kesadaran Pentingnya Keterampilan Soft Skills Entrepreneurship Wadah Pengembangan Fkip Unbari. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro, 9(2), 52–62.

Ni’mah, F. U., Siswandari, & Idrawati, C. D. S. (2018). Pentingnya Karakter Teacherpreneur Dalam Memengaruhi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Bagi Guru Smk Bisnis Dan Manajemen. Jurnal Education And Development, 5(1), 67–74.

Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings Of The Icecrs, 2(1), 281–285. Https://Doi.Org/10.21070/Picecrs.V2i1.2382

Rahayuni, I. (2019). Menumbuhkan Mental Entrepreneur Pada Mahasiswa Pgsd Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma …, 2017, 121–130. Https://Stahnmpukuturan.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Dharmaacarya/Article/Viewfile/176/169

Sandri, S. H., Busyro, W., Samsiah, S., & Bakaruddin, B. (2017). Meningkatkan Kualitas Masyarakat Dengan Entrepreneurship. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 1(1), 62–66. Https://Doi.Org/10.37859/Jpumri.V1i1.37

Sumarno, S., & Gimin, G. (2019). Analisis Konseptual Teoretik Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Solusi Dampak Era Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 1. Https://Doi.Org/10.19184/Jpe.V13i2.12557

Suprayitno, & Sutarno. (2022). Pentingnya Jiwa Wirausaha Untuk Masuk Dunia Bisnis Di Era Pandemi Covid 19 , Bagi Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( Pkk ) Di Surakarta. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 172–176.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Zaenal Arifin. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitianzaenal Arifin. 2017. “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian.” Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics) 2(1): 28–36. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 2(1), 28–36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.