Pengaruh Pemanfaatan Internet (Web Keagamaan) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pai Angkatan 2014/2015

Renvilika Lutfitania, Beni Azwar, Bariyanto Bariyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan internet (web keagamaan) mahasiswa PAI angkatan 2014/2015, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2014/2015,untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan internet (web) keagamaan terhadap motivasi belajar mahasiswa PAI angkatan 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 58 mahasiswa prodi PAI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes satu sampel (uji dua pihak) dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pemanfaatan internet (web keagamaan) mahasiswa prodi PAI angkatan 2014/2015 IAIN Curup baik dari rata-rata nilai pengukuran sampel menunjukkan tidak ada perubahan karena masih berada pada daerah H0 dengan thitung -0,682 sehingga dapat diterima. Kedua, motivasi belajar mahasiswa prodi PAI angkatan 2014/2015 baik dari rata-rata nilai pengukuran sampel menunjukkan tidak ada perubahan karena masih berada pada daerah H0 dengan thitung 0,243 sehingga dapat diterima . Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemanfaatan Internet (Web Kegamaan) Terhadap Motivasi Belajar  mahasiswa PAI Angkatan Tahun 2014/2015 IAIN Curup berdasarkan hasil perhitungan statistik koefisien korelasi product moment, hal ini ditunjukkan oleh koefesien korelasi rxy r hitung = 0,822 > r tabel 5% = 0,754, ini berarti signifikan, serta kesimpulan yang dapat diambil yaitu bahwa Pemanfaatan Internet (Web Kegamaan) Terhadap Motivasi Belajar  mahasiswa PAI Angkatan Tahun 2014/2015 IAIN Curup tergolong kuat atau tinggi.


Keywords


web keagamaan, motivasi belajar, PAI

Full Text:

PDF

References


Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan.

J.A BARNE. (1954). Sosial Network. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Janner simar mata. (2006). teknologi computer dan informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Khaeriyah, A. M. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Pemanfaatan Internet terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal

Kusen. (2010). Teknologi Pendidikan. Curup: LP2 STAIN Curup.

Noza Aflisia, Asri Karolina, Y. E. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Penguasaan Unsur Bahasa Arab. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-’Arabiyyah (MUSLA)

Peter Salim dan Yeni Salim. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern Engglish Press.

Ricky Brilianto S. (2008). Panduan Praktis Internet Plus. Jakarta: Puspa swara.

Rusman dan Deni Kurniawan. (2013). Pembelajaran berbasis tekhnologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Grafindo.

Yanuarti, E., & Sari, D. P. (2019). Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI). https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.892




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v13i2.3941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing by :
   

free web stats

Nuansa's Visitors

Creative Commons License
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is published by IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.