Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada Inovasi pembelajaran berbasisi Web dan implemntesi dalam kurikulum 2013 di MAN Rejang Lebong. Perihal kebijakan pemerintah pada pendidikan yang mengaharuskan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini guru dan siswa harus melakukan aktifitasnya di rumah, sehingga secara tidak langsung sekolah dalam waktu singkat harus mempersiapkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pembelajaran secara Daring. Adapun Rumusan masalah dari penelitian ini: yang pertama, Bagaimana Proses pembelajaran yang dilakukan dimasa pandemi Covid19 di MAN Rejang Lebong, ke-2 Bagaimana Inovasi guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 di MAN Rejang Lebong, ke-3 bagaimana cara membentuk karakter kurikulum 2013 di masa pandemi Covid-19 . Untuk menemukan dan mengungkapkan jawaban tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan case study, Lokasi penelitiannya di MAN Rejang Lebong dengan sumber data yang utama diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan adapun tehnik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan melaksanakan triangulasi data.
Berdasarkan paparan dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Proses pembelajaran yang dilakaukan di masa Pandemi Covid-19, membutuhkan proses yang bermacam-macam proses pembelajaran di MAN RL jika dilihat dari ketersediaan sarana teknologi dan informasi yang tersedia hal ini dapat dilihat dari adanya akses internet, ruang komputer dan letak yang tepat di mana juga tersedia 2 ruangan yang khusus untuk melakukan pembelajaran berbasis Web dengan teknologi dan informasi, selama pembelajara daring juga tersedianya android dari masing-masing siswa dan kuota ,sehingga pencapaian proses pembelajaran inovasi dalam teknologi dan informasi di MAN Rejang Lebong dapat terwujud. 2) Inovasi guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 di man rejang lebong, yaitu inovasi pembelajaran berbasisi web dalam bentuk media pembelajaran, inovasi pembelajaran berbasisi web dalam bentuk metode pembelajaran. 3) cara membentuk karakter kurikulum 2013 di MAN Rejang Lebong sudah dapat dikatakan dapat di bentuk dengan cara yang kreatif dan inovatif dilakukan masing-masing guru dalam mengatasi problem pembentukan karakter siswa, sehingga karakter kurikulum 2013 bisa dikatakan tercapai atau terbentuk dengan penilaian yang guru lakukan.
Kata kunci: Inovasi, pembelajaran dan web
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Bahri Djamarah. Syaiful, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 1997
- Intang Sappaile. Baso. Kompetensi Mengajar Minimal Bagi Guru Baru (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12, No. 2). Balitbang Depdiknas. 2007
- Kurniasih. Imas, dan Berlin Sani. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013; Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena. 2014
- Manab, Abdul. Penelitian Pendidikan Pendektan Kualitatif. Kalimedia, 2015
- Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2009
- Salma Prawiradilga. Dewi. Mozik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2007
- Yuliana. Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Islamic Education Menajemen 4. 2019