Peranan Kegiatan Supervisi dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan Kegiatan Pengajaran di Sekolah

  • Nina Kardina Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Beni Azwar Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Hartini Institut Agama Islam Negeri Curup
Keywords: suverpisi, bimbingan dan konseling, pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling dan Kegiatan pembelajaran di sekolah. Dimana, Supervisi merupakan satu komponen penting dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Melalui supervisi diharapkan dapat menjadi upaya dalam pengentasan permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Permasalahan yang beragam tentu berimbas pada kualitas dan produktivitas pengajar dalam bekerja. Hakikatnya guru mampu melaksanakan tanggung jawabnya yakni memberikan pengajaran serta pendidikan, tidak hanya berlaku untuk guru kelas dan guru mata pelajar, hal serupa juga berlaku bagi guru BK yang bertugas untuk membantu peserta didik dalam mengentaskan permasalahan akademik maupun non akademiknya. Dengan demikian supervisi memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Oleh karenanya, peneliti dalam hal ini melakukan analisis terhadap implementasi supervisi dan pengaruhnya pemberian layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pengajaran di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan library research dimana data-data yang dikumpulkan diperoleh dari berbagai literatur karya ilmiah penelitian terdahulu, seperti; jurnal, buku, tesis, dan lain sebagainya yang kemudian dianalisis sesuai dengan teori dan pokok isu yang peneliti angkat. Bagaimana perbedaan antara supervisi pelayanan bimbingan dan konseling dan supervisi pembelajaran di sekolah. Serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat menjadi referensi tambahan bagi pembaharuan sistem kinerja pendidik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidik di sekolah-sekolah.

References

Abdul Basith and Awalya.2015. Pengembangan Model Supervisi Dengan Pendekatan Humanistik Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru Bk Sma Di Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Bimbingan Konseling 4, no. 2
Afriyadi sofyan, sugiyo, and kusnarto kurniawan.2021.Model Supervisi Bimbingan Dan Konseling Berbasis Structured Reflecting Teams Untuk Guru BK SMA.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling 10, no. 2 (n.d.). https://doi.org/10.15294/ijgc.v10i2.48722.
Fachturahman, pupuh, and AA Suryana. 2011. Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.
Kristiawan, kristiawan. 2019. Supervisi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Muslim, Sri Banun.2013. Sepervisi Pendidikan Meningkatakan Kualitas Profesionsalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Subandi, A.2013.Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 13.
Kurniaty, Destry., Prayetno, Aji., Novalia, Yefni., Hartini.2021. Problematika Konseling Multikultural Pada Pelaksanan Bimbingan Smp Negeri 8 Rejang Lebong. Proceeding International Conference on Isamic Educational Gudance and Counseling.: 1-12.
Published
2022-12-28
Section
Articles