Komparasi Kematangan Pilihan Karir Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Kelas dan Jurusan Pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong

Afrika Yunani, Dina Hajja Ristianti, Hamengkubuwono Hamengkubuwono

Abstract


Kematangan karir ialah keberhasilan seorang individu dalam menjalankan tugas perkembangan karir sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dijalani, yang meliputi pembuatan perencanaan, pengumpulan informasi mengenai pekerjaan, dan pengambilan keputusan karir yang tepat berdasarkan pemahaman diri dan pemahaman mengenai karir yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi kematangan pilihan karir siswa/i ditinjau dari jenis kelamin, kelas dan jurusan pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparasi, dengan populasi sebanyak 488 siswa/i SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Dari populasi diperoleh 98 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau skala kematangan karir. Koefisien reliabilitas dari skala kematangan karir adalah sebesar 0,951. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan bantuan SPSS Statistics Version 24. Kemudian analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Varians atau Uji Anova. Pada penelitian ini di temukan bahwa Kematangan pilihan karir ditinjau dari jenis kelamin diperoleh jenis kelamin laki-laki dengan skor rata-rata sebesar 145,8, dan jenis kelamin perempuan dengan skor rata-rata sebesar 147. Kematangan pilihan karir ditinjau dari kelas diperoleh kelas X dengan skor rata-rata sebesar 147,51, kelas XI dengan skor rata-rata sebesar 149,75, Dan kelas XII dengan skor rata-rata sebesar 147,30. Kematangan pilihan karir ditinjau dari jurusan diperoleh jurusan FKK dengan skor rata-rata sebesar 156,89, jurusan TKJ dengan skor rata-rata sebesar 152,67, jurusan TBSM dengan skor rata-rata sebesar 144,78, jurusan TP dengan skor rata-rata sebesar 143,2, jurusan ATU dengan skor rata-rata sebesar 143, dan jurusan APAT dengan skor rata-rata sebesar 145,4. Kemudian di peroleh nilai signifikansi dari uji anova yaitu 0,001 ≤ 0,05. Maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kematangan pilihan karir siswa ditinjau dari jenis kelamin, kelas dan jurusan pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Dari ketiga aspek yang dibandingkan tersebut ternyata aspek jenis kelamin memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan aspek tingkat kelas dan jurusan.


Keywords


Komparasi, Kematangan Pilihan Karir, Jenis Kelamin, Kelas dan Jurusan

Full Text:

PDF

References


-

Badan pusat statistik (BPS), “Badan Pusat Statistik,” n.d.

Devi Damayanti and Arini Widyowati, “Peningkatan Career Decison Making Self Efficacy (CDMSE) Melalui Pelatihan Perencanaan Karir Pada Siswa SMK,” Humanitas 15, no. 1 (2018): 35.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Revisi. (Jakarta: Rajawali Pers, 2015).

Ita Juwitaningrum, “Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK,” PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling 2, no. 2 (2013): 132.

Juwitaningrum, “Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK.

Rahmi and Puspasari, “Kematangan Karir Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenis Sekolah Di Kota Padang.”

Winkel & Sri Hastuti, Bimbingan Dan Konseling Di Institut Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com