ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER, LITERASI, 4C DAN HOTS PADA SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN FIQIH

Analisis Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C dan Hots Pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fiqih

  • Supriyadi Yadi supriyadi
  • Deri Wanto IAIN Curup
Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi; 4C, HOTS, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengungkan kandungan unsur Peguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4C, dan HOTS pada silabus dan Rencana Program Pengajaran (RPP) mata pelajaran Fikih, khususnya kelas VIII semester ganjil. Penelitian ini untuk mengetahui apakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fiqh telah sesuai dengan silabus, unsur penguatan pendidikan karakter apa yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih, apakah berpikir kristis dan kreatifitas serta unsur HOTS telah terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum sesuai dengan Silabus, penguatan pendidikan karakter hanya pada unsur relegius, sementara berpikir kritis dan kreatifitas belum mendapatkan perhatian dan tidak ditemukan unsur hots dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, baik di indikator Kompetensi Dasar, proses pembelajaran, maupun penilaian. Dari penelitian guru perlu memperbaiki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga sesuai dengan perkembangan pada abad 21.

Published
2022-12-25
How to Cite
Yadi, S., & Deri Wanto. (2022). ANALISIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER, LITERASI, 4C DAN HOTS PADA SILABUS DAN RPP MATA PELAJARAN FIQIH : Analisis Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi, 4C dan Hots Pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fiqih . KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(3), 125-138. https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.318
Section
Articles