PAI MENGAJAR; SEBUAH UPAYA MEMBERANTAS BUTA AKSARA AL QUR AN PADA MASYARAKAT LEBONG PROVINSI BENGKULU

Muhammad Idris, Mei Zuliyanti, Angga Adhitiya

Abstract


Membaca al Quran merupakan sebuah kewajiban bagi setiap Muslim, untuk itu sudah menjadi sebuah tradisi dari dahulu hingga saat ini. Namun, jika dilihat secara nyata di lapangan masih banyak masalah yang terjadi di lapangan terkait dengan ketidakmampuan dalam membaca al Quran. Ketidakmapuan dalam membaca al Quran merupakan bagian dari penyakit masyarakat yang harus disikapi secara serius dan menjadi tugas dan tanggungjawab bersama. PAI Mengajar merupakan salah satu program kegiatan Prodi Pendidikan Agama Islam yang bergerak dalam bidang pengabdian sebagai perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. PAI Mengajar ini difokuskan pada kegiatan pembelajaran al Quran dalam rangka memberantas buta aksara al Quran pada masyarakat Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Pengabdian ini menggunakan pendekatan proses pembelajaran al Quran dengan menerapkan metode Utsmani dan metode Tilawati. Kegiatan ini dilakukan pada dua tempat dan dua kalangan yaitu rumah warga bagi kalangan anak-anak dan Masjid Jihat bagi kalangan Ibu-ibu rumah tangga. Pengabdian dilakukan selama 1 bulan, terhitung mulai dari tanggal 1 Agustus sampai 1 September 2022. Berdasarkan hasil pengabdian, dari segi kemampuan,  sudah adanya peningkatan kemampuan peserta dalam membaca al Quran serta berdirinya dua TPA (Taman Pendidikan al Quran) yang ditempatkan pada rumah warga sedangkan pada kalangan ibu-ibu rumah tangga kualitas bacaan al Qurannya sudah banyak mengalami peningkatan walaupun dalam waktu yang sangat terbatas.

Kata kunci; PAI Mengajar, Buta Aksara al Quran dan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Dian Andayani, (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Abu Bakar Akbar, (2022). Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Tajwid Yang Benar Bagi Masyarakat Disekitar Lingkungan Kampus, Jurnal BUDIMAS (ISSN:2715-8926) Vol. 04, No. 02.

Ainna Amalia FN, (2015). Implementasi Metode Tilawati Dalam Menghafal Bacaan Sholat Di TPQ Miftahul Hidayah Gondang Nganjuk Jawa Timur, JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi Volume 1, Nomor 2.

Anshori, (2013). Ulumul Quran, Jakarta: Rajawali Press,

Definisi Pemberantasan, (2022). http://kamus.cektkp.com/pemberantasan/ ( 23 Oktober.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi Sartina, (2020), Analisis Implementasi Kegiatan Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia, Muaddib : Islamic Education Journal, 3(2).

Djamarah, Syaiful Bahri (2018). Psikologi Belajar, (Edisi Revi). Rineka Cipta.

Ensiklopedia Nasional Indonesia, (2004). “Aksara”, Jilid 1, Cet. IV; Bekasi: Delta Pamungkas.

Hindatulatifah, (2017). Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Al- Qur’an Dengan Metode dan Bahan Ajar Iqro’ Braille Pada Siswa Kelas Iii Sdlb–A Yeketunis Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 14 No. 2.

Lembaga Pendidikan Al-Qur‟an, (2009). Buku Prestasi Pendidikan Al-Qur’an Metode Usmani, Blitar: Ponpes Nurul Iman.

M. Quraish Shihab, (1996). Wawasan Al-qur’an, Bandung: Mizan.

Moh. Roqib, (2009) Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: LKIS.

Muhammad Abdel Haleem, (1999). Memahami al-Quran: Pendekatan Gaya dan Tema, Bandung: Marja.

Muhammad Ikbal Bahua, (2018). Perencanaan Partisipatif Pembangunan masyarakat, Gorontalo: Ideas Publishing.

Oemar Hamalik, (2003). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, cet. Ke-2.

Rusdiah, (2012). Konsep Metode Pembelajaran Alquran Tarbiyah Islamiyah, Jurnal Ilmu Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 1.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3

Zakiyah Daradjat, (2011), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

 


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.