Analisis Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Lingkungan Belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak

  • Ahmad Bustomi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Shindia Ramadan Institut Agama Islam Negeri Metro
  • M. Ali Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Amrullah Amrullah Institut Agama Islam Negeri Curup

Abstract

Abstrak


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan upaya guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan lingkungan belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan beberapa objek diantaranya kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan lingkungan belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak adalah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan sungguh-sungguh yang tertulis maupun tidak tertulis, menata lingkungan fisik, dan menata lingkungan nonfisik.


Kata kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Lingkungan Belajar, Perencanaan Pembelajaran, Sarana dan Prasarana

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-27
How to Cite
BUSTOMI, Ahmad et al. Analisis Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menciptakan Lingkungan Belajar di SD Negeri 2 Sari Bakti Kec. Seputih Banyak. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 49-62, dec. 2022. ISSN 2579-9282. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/4563>. Date accessed: 16 mar. 2023. doi: https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.4563.