Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Menggunakan Media Digital

Main Article Content

Teddy Aprilianto Sutarto Sutarto Irwan Faturrochman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an menggunakan media digital serta upaya dalam mengatasi problematikanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD IT AL-Azhar Lebong Desa Sukabumi, Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong dengan informan yang diambil yakni Ustad/Ustadzah sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yang digunakan peneliti adalah triangulasi sumber untuk mengecek keaslian dan keabsahan data. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis kualitatif Miles and Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah problematika dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SD IT Al-Azhar Lebong yaitu malas, kurangnya kreatifitas pendidik, sibuk, kurangnya pengetahuan guru, akses sinyal wifi. Adapun upaya yang bisa diterapkan oleh guru-guru dalam mengatasi permasalahan dan kendala dalam menerapkan media digital dalam pembelajaran tahfidz di SD IT Al-Azhar Lebong yang nanti juga bisa diterapkan oleh guru lainnya dalam mengatasi kendala tersebut ialah menambah motivasi kepada diri sendiri, mengikuti pelatihan, seminar atau workshop, kreatifitas pendidik lebih dikembangkan, manajemen waktu yang baik.
 

Article Details

How to Cite
Aprilianto, Teddy, Sutarto Sutarto, and Irwan Faturrochman. “Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Menggunakan Media Digital”. Muaddib: Islamic Education Journal 5, no. 1 (June 15, 2022): 26-32. Accessed April 3, 2023. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/muaddib/article/view/14377.
Section
Articles

References

Al Hakim, I. (2021). Mengapa menghafal Al-Qur'an: Motivasi menghafal salafus sholih dan tren menghafal jaman now. Sidoarjo: Global Aksara Pers.
Efendi, S., Lubis, S. A., & Nasution, W. N. (2018). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 2(2), 265-274
Hani, R. A. (2019). Metode perlafass tipkas dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’ān santri di Pondok Pesantren Modern Al Azhar Menganti-Gresik. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 2(2), 29-37.
Ikhwanuddin, M., & Husnah, A. (2021). Penerapan metode tikrār dalam menghafal Al-Quran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 28(1), 15-29.
Maulida, M., Nurmisdaramayani, N., & Anggraini, N. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an hadis menggunakan media disk murattal Al-Qur’an pada siswa MTs Swasta Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 173-189.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An expanded sourcebook qualitative data analysis (Second edition). London: Sage Publications.
Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 5(1), 24-32.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 49-55.
Qori, M. T. I. (2003). Cara mudah menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Rahma, F. I. (2019). Media pembelajaran (Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 14(2), 87-99.
Rahman, M. (2020). Tradisi bacaan Al-Qur’an untuk ibu hamil (Studi murottal Al-Qur’an dalam media youtube). Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan al-Hadits, 14(2), 239-270.
Sarihat, S., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas guru dalam pembelajaran masa study from home. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 17-35.
Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarsono, S. (2021). Peran massive open online courses dalam pendidikan agama Islam di era digital. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 28-44.
Syafiie, I. K. (2004) Pengantar filsafat. Bandung: PT. Refika Adi Tama.
Tohirin. (2013), Metode penelitian kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Widiarti, F. H. (2019). Penggunaan media Al-Qur’an braille book dan braille digital bagi tunanetra di Surakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(2), 118-122.