Author
Sutarto Sutarto(1),
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia(1)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-12-08
Copyright (c) 2022 Sutarto Sutarto
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 150 times PDF Downloaded: 67 timesAbstract
Hafal Al-Qur’an merupakan keinginan semua muslim di dunia ini. Hafal Al-Qur’an juga merupakan suatu kebanggaan bagi pribadi dan juga orang tua apabila anaknya hafal banyak surat dalam Al-Qur’an. Tidak sedikit orang tua baru tersadar setelah dewasa dan menyesali kurangnya orang tua mendidik anak dalam ilmu agama Islam. Kebanyakan orang tua saat ini lebih bangga anaknya hafal ilmu lain diluar ilmu Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini yang saat ini menjadi terabaikan oleh kebanyakan orang tua, khususnya orang tua yang tinggal di daerah perkotaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini memiliki empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, pengolahan data, dan kesimpulan. Data-data pada penelitian ini bersumber dari 10 orang anak usia dini di salah satu komplek perumahan umum. Hasil penelitian ini dapat menunjukan hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini berada pada kategori cukup. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi acuan untuk perbaikan cara mendidik anak usia dini yang jauh lebih baik dengan ilmu agama Islam. Anak-anak usia dini hidupnya akan jauh lebih terarah apabila mereka sudah dibekali dengan ilmu agama Islam sedari dini
Keywords
References
Aini, A., N. (2021). Daya Guna Media Pembelajaran Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al- Qur ’ an pada Anak Kelompok B di TK Islam Pondok Sakinah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4), 1–15. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimpai/article/view/704
Ainia, W., Martati, B., & Rahayu, A., P. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Tahfidzhul Anak Usia Dini (TAUD SaQu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6232
Ardiansari, B., F., & Dimyati. (2022). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Dahliani, Yus, A., & Sitorus, M. (2019). Development Analysis of Ability Memorizing the Qur’an on Early Childhood in PAUD Bait Qurany Saleh Rahmany, Banda Aceh, Indonesia. BirLE- Juornal: Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education, 2(4), 185–190. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.506
Febriani, D., Yusuf, E., B., & Hafidz, N. (2021). Penerapan Metode Hafalan Juz‘Amma dengan Gerakan Tangan pada Anak Usia Dini di Tk Darul Qur’an Karang Tengah. Jurnal Raudhah, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1307
Hanafi, M., Jumiatmoko, Muhammad, F., Wiyono, N., & Ardyanto, T., D. (2021). Quran Memorization and Early Childhood Development: a Case-control with Neuroscience Approach. Bali Medical Journal (Bali MedJ), 10(2), 697–700. https://doi.org/10.15562/bmj.v10i2.2265
Herma, T., Kusyairy, U., & Rusdi, M. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-Qur’an Juz 30 di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita dan Anak Makassar. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14332
Herman, H., & Anhusadar, L. (2022). Pendidikan Islam Anak Suku Bajo: Penelitian Lapangan pada Suku Bajo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2665–2676. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2266
Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur ’ an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132
Khaerunnisa, L., Suhardini, A., D., & Khambali. (2020). Analisis Pengelolaan Program Pengenalan dan Hafalan Al-Quran pada Anak Usia Dini di Daycare Syakira Katapang Bandung. Pendidikan Guru PAUD, 143–148. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/21121
Ma’rufah, D., & Windiarti, R. (2020). The Effect of Kaisa Method on The Increase of Short Surah Memori-zation for 4-6 Year-Old-Children. Early Childhood Education Papers, 9(2), 144–148. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/35219
Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15
Niharotussadiah, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mendampingi Anak Usia Dini 5-6 Tahun Menghafal Al-Qur’an secara Daring. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 224–239. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.551
Nisa, A., K., & Pasmadi, A., K. (2022). Implemantasi Metode Al-Qosimi dalam Menghafal Al-Quran Anak Usia Dini di TAUD Al-Bayyan Krajan Kulon Kaliwungu Kendal. Jurnal Didaktika Islamika, 13(1), 61–85. https://jurnal.stitmkendal.ac.id/index.php/home/article/view/96
Novebri, & Dewi, S. (2020). Correlation between Students’s Ability to Memorize the Qur’an and Students’ Learning Achievement at Islamic Boarding Schools in Indonesia. Khalifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 118–141. http://kjie.ppj.unp.ac.id/index.php/kjie/article/view/51
Panjaitan, N., Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588–596. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Purwasih, W. (2020). Program Tahfizul Al-Qur’an Anak Usia Dini di TK Qurrota A’Yun Yogyakarta. Abna: Journal of Islamic Early Chilhood Education, 1(1), 17–38. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/3269
Risti, A., V. (2018). Penelitian Pendidikan (D. Rahmawati (ed.)). Penerbit Suryacahya.
Rusdiah, & Nasyafia, D. (2021). Penerapan Penghafalan Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Orang Tua yang Berstatus sebagai Anggota Jamaah Tabligh Kota Banjarmasin. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1), 95–103. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/6144
Sa’diyah, K., Diana, & Setiawan, D. (2021). Efektivitas Metode Tabarak di Outdoor dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah Pendek pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 38–47. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.49
Syafi, A. (2019). Konsep Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Juz 30 dan Implementasinya pada Anak Usia Dini. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 278–297. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/753
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); Pertama). Deepublish Publisher.
Witarsa, R., & Dista, D., X. (2020). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 58–66. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288
Refbacks
- There are currently no refbacks.