Analisis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Main Article Content

Roby Krismoniansyah Hamengkubuwono Hamengkubuwono Sutarto Sutarto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP N 23 Rejang Lebong dengan subjek penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan agama Islam dan siswa SMP N 23 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan analisis data yang meliputi tahapan reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman, penerapan, dan melakukan evaluasi guru terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan pendekatan saintifik sudah baik. Pemahaman guru terhadap pendekatan saintifik terlihat dari guru mengetahui langkah-langkah serta prinsip pendekatan saintifik. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang dilakukan guru juga sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik. Guru melakukan pengamatan terhadap siswa terkait apa yang akan mereka lakukan, menanya apabila terdapat sebuah masalah atau terdapat materi yang belum jelas, mengelola kelas seperti memunculkan permasalahan, meminta siswa untuk menjelaskan apa yang mereka pahami, memberikan umpan balik, menyimpulkan dan yang terakhir membuat keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Proses penilaian atau evaluasi dalam pendekatan saintifik yang dilakukan guru telah menggunakan penilaian autentik dimana guru membuat penilaian pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
 

Article Details

How to Cite
Krismoniansyah, Roby, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, and Sutarto Sutarto. “Analisis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Muaddib: Islamic Education Journal 4, no. 2 (December 26, 2021): 100-106. Accessed April 4, 2023. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/muaddib/article/view/14372.
Section
Articles

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.
Dini, J. P. A. U. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566-1576.
Holik, A. B. D. U. L. (2021). Peningkatan Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Metode Cooperative Learning Standar Kompetensi Dzikir dan Do’a Setelah Sholat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wibawamulya 01 Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 9(8), 175-185.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis (Second Edition). London: Sage Publications.
Muhaimin, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.
Rahmi, F. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 19 Koto Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2) 1-15.
Sabiq, A. F. (2020). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salatiga: Linsser Media.
Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147-153.