Penerapan Metode Talqin dengan Menggunakan Media Audio dalam Program Tahfidz Al-Qur'an

Main Article Content

Wiwin Candra Sutarto Sutarto Rifanto Bin Ridwan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode talqin dengan menggunakan media audio dalam program tahfidz Al-Qur'an serta dampaknya. Jenis penelitian yang peneliti digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber datanya adalah guru mata pelajaran program tahfidz Al-Qur’an di SMPIT Rabbi Radhiya Curup. Teknik pengumpulan data dalam penelitiani ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Secara umum, analisis data kualitatif bersifat induktif. Analisis data berdasarkan data lapangan. Hasil dari penelitian ini yakni media yang digunakan dalam pembelajaran program tahfidz Al-Qur’an pada siswa kelas IX SMPIT Rabbi Radhiyya Curup yaitu media audio MP3 Qur’an. Penerapan metode talqin menggunakan media audio dalam program Tahfidz Al-Qur'an di SMPIT Rabbi Radhiya Curup mempunyai tahapan-tahapan yaitu membuka pembelajaran dengan salam, memoraja’ah materi hafalan sebelumnya, memperdengarkan surat atau ayat yang akan dihafalkan dengan memutarkan audio MP3 Qur’an, peserta didik menirukan beulang-ulang, lalu menyetorkan hafalannya kepada guru/ustadznya. Selain itu dampak dari penggunaan media audio tersebut adalah hafalannya sudah baik dan benar dan hampir semua peserta didik mencapai targetnya.

Article Details

How to Cite
Candra, Wiwin, Sutarto Sutarto, and Rifanto Ridwan. “Penerapan Metode Talqin Dengan Menggunakan Media Audio Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an”. Muaddib: Islamic Education Journal 4, no. 1 (June 26, 2021): 51-61. Accessed April 4, 2023. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/muaddib/article/view/14371.
Section
Articles

References

Alwizar, A. (2015) Pemikiran Pendidikan Ibnu Sina. An-Nida': Jurnal Pemkiran Islam, 40(1), 11-22.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta, Rajawali pers.
Benni A. (2017). Pribadi, Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Rawamangun: Kencana.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hidayat, R. (2018). Desain Pembelajaran Tahfidz Qur’an. Surabaya: Cipitat Pers.
Jaaze, A. (2017). Ide-ide Inovatif dalam Menghafal Al-Qur’an. Bandung: CV. Cipta Cekas Grafika
Khalid, K. B. A. (2009). Mengapa Saya Menghafal Al Qur’an. Solo: Daar An Naba’.
Masruri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas VIII pada SMPIT An-Nawawi Al-Bantani Gunung Sindur Bogor. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 441-465.
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Norhan, L., & Sanjaya, L. (2016). Aplikasi Pembelajaran Menyusun Ayat Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Juz 30). Jurnal Online Informatika, 1(2), 87-91.
Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.
Qisom, S. (2019). Buku Pintar Guru Al-Qur’an. Surabaya: Kualita Media Tama.
Rifa'i, A. (2017). Pendidikan Tahfiz Anak Usia Dini (TAUD). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 11(23) 113-126.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PEDAGOGIA.
Umarulfaruq, A. B. (2016). Jurus Dahsyat Mudah Menghafal Al-Qur‟an untuk Anak. Banyuanyar: Ziyad Books.