PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN ANAK USIA DINI PRA SEKOLAH 4-5 TAHUN WAKTU BERMAIN DI TK RABBY RADIYAH CURUP

PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN ANAK USIA DINI PRA SEKOLAH 4-5 TAHUN WAKTU BERMAIN DI TK RABBY RADIYAH CURUP

Authors

  • ifnaldi Ifnaldi Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6234

Keywords:

Prinsip Kesopanan, Percakapan Anak Usia Dini, Waktu bermain

Abstract

Kajian sosiolinguistik adalah kajian yang tidak terlepas dari kajian pragmatik bahwa kajian pragmatik merupakan kajian mengenai makna ujaran dalam situasi-situasi tertentu. Menurut Levinsan kajian pragmatik adalah kajian yang melihat hubungan kalimat dengan konteks dan kajian yang menentukan pasangan-pasangan yang cocok atau tindak tutur proposisi yang diimplikasikan. Penelitian ini bertujuan ingin mengungkapkan bagaimanakah bentuk prinsip kesopansantunan dan kerjasama anak-anak usia dini itu dalam percakapan ketika sedang bermain. Kemudian kesopansantuanan apakah yang terucap oleh anak-anak usia dini itu ketika mereka sedang bermain-main dalam dialog-dialog percakapan rekamannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta atau fenomena yang ada secara empiris dalam hidup dan kehidupan penuturnya ketika mereka sedang bermain di sekolah. Sehingga yang akan dihasilkan atau dicatat adalah berupa perincian yang tidak mempertimbangkan benar atau salahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sifat dan keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Temuan penelitian dari pembahasan di atas dapat ditemukan bahwa anak-anak usia prasekolah antara 4;5 sarnpai 6;5 pada dasarnya sudah menggunakan kalimat yang hampir sama dengan kalimat orang dewasa. Anak-anak usia dini dalam berkomunikasi baik sebagai penutur dan lawan tutur sudah memahami fitur-fitur semantik dan sudah memahami maksud tuturan secara eksplisit.  Anak-anak usia dini prasekolah sudah melakukan kesantunan berbahasa dan kerjasama baik sebagai penutur maupun sebagai petutur. Berdasarkan data yang peneliti dapati bahwa anak-anak pada tingkat kesopanannya berbahasa baik, banyak dilatarbelakangi oleh pendidikan orang tuanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, P., Levinson, S. C., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some universals in language usage (Vol. 4). Cambridge university press.

Clark, H. H., & Clark, E. V. (1977). Psychology and language.

Coulmas, F. (2013). Sociolinguistics: The study of speakers’ choices. Cambridge University Press.

Grice, H. P. (1975). Logic and conversation. In Speech acts (pp. 41–58). Brill.

Hornberger, N. H., & McKay, S. (2010). Sociolinguistics and language education (Vol. 18). Multilingual Matters Bristol.

Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik, oleh MDD. Oka. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-01-24