PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN ANAK USIA DINI PRA SEKOLAH 4-5 TAHUN WAKTU BERMAIN DI TK RABBY RADIYAH CURUP
PRINSIP KESOPANAN DALAM PERCAKAPAN ANAK USIA DINI PRA SEKOLAH 4-5 TAHUN WAKTU BERMAIN DI TK RABBY RADIYAH CURUP
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6234Keywords:
Prinsip Kesopanan, Percakapan Anak Usia Dini, Waktu bermainAbstract
Kajian sosiolinguistik adalah kajian yang tidak terlepas dari kajian pragmatik bahwa kajian pragmatik merupakan kajian mengenai makna ujaran dalam situasi-situasi tertentu. Menurut Levinsan kajian pragmatik adalah kajian yang melihat hubungan kalimat dengan konteks dan kajian yang menentukan pasangan-pasangan yang cocok atau tindak tutur proposisi yang diimplikasikan. Penelitian ini bertujuan ingin mengungkapkan bagaimanakah bentuk prinsip kesopansantunan dan kerjasama anak-anak usia dini itu dalam percakapan ketika sedang bermain. Kemudian kesopansantuanan apakah yang terucap oleh anak-anak usia dini itu ketika mereka sedang bermain-main dalam dialog-dialog percakapan rekamannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta atau fenomena yang ada secara empiris dalam hidup dan kehidupan penuturnya ketika mereka sedang bermain di sekolah. Sehingga yang akan dihasilkan atau dicatat adalah berupa perincian yang tidak mempertimbangkan benar atau salahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan sifat dan keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Temuan penelitian dari pembahasan di atas dapat ditemukan bahwa anak-anak usia prasekolah antara 4;5 sarnpai 6;5 pada dasarnya sudah menggunakan kalimat yang hampir sama dengan kalimat orang dewasa. Anak-anak usia dini dalam berkomunikasi baik sebagai penutur dan lawan tutur sudah memahami fitur-fitur semantik dan sudah memahami maksud tuturan secara eksplisit. Anak-anak usia dini prasekolah sudah melakukan kesantunan berbahasa dan kerjasama baik sebagai penutur maupun sebagai petutur. Berdasarkan data yang peneliti dapati bahwa anak-anak pada tingkat kesopanannya berbahasa baik, banyak dilatarbelakangi oleh pendidikan orang tuanya.Downloads
References
Brown, P., Levinson, S. C., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some universals in language usage (Vol. 4). Cambridge university press.
Clark, H. H., & Clark, E. V. (1977). Psychology and language.
Coulmas, F. (2013). Sociolinguistics: The study of speakers’ choices. Cambridge University Press.
Grice, H. P. (1975). Logic and conversation. In Speech acts (pp. 41–58). Brill.
Hornberger, N. H., & McKay, S. (2010). Sociolinguistics and language education (Vol. 18). Multilingual Matters Bristol.
Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik, oleh MDD. Oka. Jakarta: Universitas Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.