PROGRAM MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN CURUP: SOLUSI MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN MAHASISWA MEMBACA AL-QUR’AN

Main Article Content

Rapia Arcanita

Abstract

AbstractIAIN Curup, as an Islamic higher education institution, demands the students to master al-Qur'an. One of the steps towards the mastery of the Qur’an is through the activities of tahsin (reciting) al-Qur'an implemented by Ma'had al-Jamiah (college dormitory) of IAIN Curup. Therefore, this study aimed to see the role of Ma'had al-Jamiah of IAIN Curup in overcoming the students' low mastery of al-Qur'an, by paying attention to the results of Ma'had al-Jamiah programs consisting of the practicum of tahsin al-Qur'an and students’ worship practicum. These activities already ran for three semesters. However, it was still found the students who could not read al-Qur'an well and could not perform the prayers properly. This study employed a qualitative approach. The data were obtained from interviews, observations, and documentation, which were then analyzed by using a qualitative approach. Thus,  the following conclusion was drawn: First, the Ma'had Al-Jami'ah programs were quite representative in improving students’ mastery of al-Qur’an; Second, ma'had activities applied a semi-Islamic boarding school education model in a classical form; Third, Ma'had al-Jamiah’s policies concerning the subjects of Tahsin Al-Qur’an, Worship Practicum I, and Worship Practicum II as the requirements to take part in KPM (Community Service Program), PPL (pre-service teaching program), Internship, comprehensive exams, and Munaqasyah (thesis exams) really stimulated students to master reciting al-Qur'an.AbstrakIAIN Curup sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, dituntut agar mahasiswanya mengusai al- Qur’an. Salah satu langkah menuju kemampuan penguasaaan al-Qur’an tersebut adalah melalui kegiatan tahsin al-Qur’an sebagai mana yang di laksanakan oleh Ma’had al-Jamiah IAIN Curup. Oleh karena itu penelitian ini berusaha melihat peran ma’had al-Jamiah IAIN Curup dalam mengatasi rendahnya penguasaan al-Qur’an mahasiswa IAIN Curup, dengan memperhatikan hasil kegiatan Ma’had yang mencakup praktikum tahsin al-Qur’an dan praktikum  ibadah kemahasiswaan. Kegiatan tersebut sudah berjalan selama tiga semester. Namun masih ditemukan mahasiswa belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan belum bisa melaksanakan ibadah shalat dengan baik. Penelitian ini menggukanakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hari hasil wawancara, pengamatan dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan pendekatan kualitatif sehingga diperoleh simpulan: Pertama Program Ma’had Al-Jami’ah cukup representatif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang al-Qur’an; Kedua kegiatan ma’had menawarkan menerapkan model pendidikan semi pondok pesantren dalam bentuk klasikal; Ketiga Ma’had al- Jamiah IAIN Curup menjadikan ketiga materi (Tahsin al-Qur’an, Praktek Ibadah I dan II sebagai syarat untuk bisa mengikuti KPM, PPL, Magang, Komprehensif dan sidang Munaqasyah) sangat memacu mahasiswa dalam penguasaan bacaan al-Qur’an.

Article Details

How to Cite
Arcanita, R. (2021). PROGRAM MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN CURUP: SOLUSI MENGATASI RENDAHNYA KEMAMPUAN MAHASISWA MEMBACA AL-QUR’AN. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 12–24. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.816
Section
Articles

References

Ahmadiansah, R. (2019). Model Dakwah dalam Pelayanan Pasien. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 215–242. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.215-242

Akbar, G. (2013). Metode Pembelajaran Alquran Melalui Media Online. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.1123/ijns.v2i1.81

Akrom, A. H., & Hulaimi, A. (2017). Perguruan Tinggi Islam di Indonesia Tantangan & Peluang Di Masa Depan: (Studi Tantangan dan Peluang Perguruan Tinggi Islam di Era Masyarakat Ekonomi Asean). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 15(2), 1–14.

Ali, N. (2012). Inovasi Kurikulum Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Agama Islam. El-Hikmah.

Amir, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius pada Siswa melalui Kegiatan Tahsin Tahfidzul Quran dengan Metode Tsaqifa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/bppp.v1i1.9791

Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur'an dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). Edukasi, 16(2), 294352. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476

Ashadiqhi, M. H., Erlansari, A., & Coastera, F. F. (2020). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Rekursif : Jurnal Informatika, 8(1), Article 1. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/9641

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 173–194.

Damami, M. (2017). Kegiatan Diskusi “Jumat Malam” Di Uin Sunan Kalijaga: Perspektif Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Sosiologi Agama, 10(1), 65–80.

Darwis, M. (2018). Kompetensi lulusan (out-put) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) dalam menghadapi era globalisasi. FITRA, 1(2).

Ghofir, A. (2008). Peran perguruan tinggi agama islam negeri (ptain) dalam memasuki era kompetisi global. El Harakah Jurnal Budaya Islam, 5(2), 9–18.

Iskandar, S. (2016). Studi AlQuran dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 86–93.

Jafrizal, J. (2019). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Dengan Kemampuan Membaca al-Quran Siswa SMP Negeri di Kota Serang. T [Diploma, UIN SMH BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/4017/

Jamhuri, M. J. M. (2016). Penggunaan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa di smk dewantoro purwosari. Al Murabbi, 1(2), 201–216.

Juanda, A. (2014). Integrasi Ilmu Alam (Sains) Dan Agama Berbasis Kurikulum Grass Roots Di Perguruan Tinggi Islam. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 79–88.

Mardhiyah, U. A. (2017). Efektivitas pembelajaran baca tahsin hafalan al-qur’an (bthq) dalam meningkatkan hafalan al-qur’an peserta didik di sdit luqman al hakim yogyakarta. https://core.ac.uk/reader/129392720

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 14(1), 18–35.

Mildayanti, I., I Ketut Resika Arthana, S. T., & I Gede Mahendra Darmawiguna, S. K. (2016). Pengembangan Game Edukasi “Tajwid Al Qur’an” Berbasis Android. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 5(2), 249–258. https://doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8302

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Drawing and verifying conclusions. Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media.

Pomalingo, S. (2014). Perguruan Tinggi dan Transformasi Nilai-Nilai Islam dalam Konteks Sosial-Budaya Masyarakat Indonesia. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(3), 119–134.

Roulston, K. (2014). Analysing interviews. The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis, 297–312.

Sada, H. J. (2015). Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 6, 13.

Shihab, M. Q. (2000). Tafsir al-Misbah Pesan, kesan dan keserasian al-Qur’an, Vol. II Cet. I. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.

Siregar, I. I. (2018). Penerapan Metode iqro’ dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan membaca Al-Qur’an murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.370

Syah, F., Bustami, B., & Nisa, C. C. (2018). Sistem Pendeteksi Pola Tajwid Wajibul Ghunnah Pada Surat Al-Waqiah Menggunakan Metode Sokal & Sneath. TECHSI - Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 01–14. https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.904

Unaradjan, D. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Warsah, I. (2020a). Islamic Psychological Analysis Regarding To Raḥmah Based Education Portrait At IAIN Curup. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 6(1), 29–41. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.3941

Warsah, I. (2020b). Religious Educators: A Psychological Study of Qur’anic Verses Regarding al-Rahmah. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(2), 275–298. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1762

Warsah, I., Karolina, A., & Hardiyanti, Y. S. D. (2020). Sense Of Humor Relevansinyaterhadap Teaching Style (Telaah Psikologi Pendidikan Islam). Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(2), 247–267.

Warsah, I., Masduki, Y., Imron, I., Daheri, M., & Morganna, R. (2019). Muslim Minority in Yogyakarta: Between Social Relationship and Religious Motivation. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 7(2), 367–398. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i2.6873

Warsah, I., & Uyun, M. (2019). Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 62–73. https://doi.org/10.19109/Psikis.v5i1.3157

Wedra, A. (2018). Studi Tentang Produktivitas Dosen (Pengaruh Persepsi Motivasi, Iklim Kerja, dan kepemimpinan Terhadap Produktivitas Dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bukittinggi).

Y

akin, M. C. (2019). Studi HadiTh “Sebaik-Baik Kalian Adalah Yang Belajar Al-Qur’aN Dan Mengajarkannya” Dalam Perspeftif Naql. Jurnal Al-Fawa’id, 9(2), 92–105.