Pelatihan Pengelolaan E-Learning Menggunakan Metode Blended Learning di Universitas Muhamadiyah Bengkulu

Main Article Content

Eko Risdianto
Parwito Parwito
Kusen Kusen

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi dosen Universitas Muhammdiyah Bengkulu (UMB) dalam mengelola pembelajaran secara daring dan blended learning Khalayak sasaran kegiatan pengabdian ini adalah seluruh dosen dilingkungan UMB. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan partisipatif,  dan pelatihan. Materi pelatihan dikemas dalam bentuk pelatihan langsung, diskusi dan melalui buku yang disertai video tutorial sehingga diharapkan guru-guru dapat mudah untuk memahami tentang cara mengelola pembelajaran elearning dengan model blended learning. Kegiatan dimulai dengan observasi lapangan sampai kepada pencarian informasi pendukung kelayakan program. Kegiatan workshop elearning dan blended learning difasilitasi oleh LPMPP UMB dan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Desember 2019 bertempat di Gedung Ahmad Dahlan kampus 14 Universitas Muhamadiyah Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 100 dosen UMB yang mewakili masing masing fakultas di UMB. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang efektif untuk meningkatkan kamampuan dosen dalam pengelolaan elearning dan blended learning di UMB.

Article Details

Section
Articles

References

R. D. Prayogi and R. Estetika, “Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan,” J. Manaj. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 144–151, 2019, [Online]. Available: http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/download/9486/5193.

I. W. Redhana, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, pp. 2239–2253, 2019.

A. W. Sabekti and F. Khoirunnisa, “Penggunaan Rasch Model Untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Siswa Pada Topik Ikatan Kimia,” J. Zarah, vol. 6, no. 2, pp. 68–75, 2018, doi: 10.31629/zarah.v6i2.724.

Yuliana and I. R. W. Atmojo, “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Abad 21,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 6034–6039, 2021.

S. Wibawa, “Pendidikan dalam Era Revolusi Industri 4.0,” Indonesia, 2018.

J. Fitzpatrick, Planning Guide for Creating new Models for Student SucceSS Online and Blended Learning. Michigan Virtual University, 2011.

C. Wilson, “6 Blended Learning Models & Platforms,” 2018. .

D. N. Wardani, A. J. E. Toenlioe, and A. Wedi, “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 13–18, 2018.

N. Khoiroh, Munoto, and L. Anifah, “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Penelit. ILMU Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 97–110, 2017.

A. H. Maarop and M. A. Embi, “Implementation of Blended Learning in Higher Learning Institutions: A Review of Literature,” Int. Educ. Stud., 2016, doi: 10.5539/ies.v9n3p41.

S. D. Oktaria, A. Budiningsih, and E. Risdianto, Model Blended Learning Berbasis Moodle. Jakarta Barat, 2018.

E. Prayitno and L. R. Masduki, “Pengembangan Media Blended Learning Dengan Model Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika Ii,” JIPMat, vol. 1, no. 2, pp. 121–126, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v1i2.1238.

M. T. Hidayat, T. Junaidi, and D. I. Effendi, “Pelatihan Blended Learning Melalui Aplikasi Mobile Bagi Guru SMP pada Masa Pandemi Covid-19,” Int. J. Community Serv. Learn., vol. 4, no. 3, pp. 200–208, 2020, doi: 10.23887/ijcsl.v4i3.29094.

E. Irawan, “Pelatihan Blended Learning Sebagai Upaya Menghadapi Society 5.0,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 190–198, 2020, doi: 10.30651/aks.v4i2.3499.

P. A. C. Dinata, S. Sakman, and S. Syarpin, “Pelatihan Blended Learning Berbantuan Webex Meeting dan Mentimeter untuk Mengefektifkan Kegiatan Belajar Mengajar,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 64, 2020, doi: 10.20527/btjpm.v2i2.2146.