Kinerja Dokter JOB CHARACTERISTIC, PERSONALITY TRAITS, DAN POSTTRAUMATIC STRESS DISORDER

Muhardini, Susi and Sudiarditha, I Ketut R and Warlizasusi, Jumira (2019) Kinerja Dokter JOB CHARACTERISTIC, PERSONALITY TRAITS, DAN POSTTRAUMATIC STRESS DISORDER. Penerbit Buku Literasiologi, Kantor: Jl. Pemancar TVRI Tasik Malaya, Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Kode Pos: 39125, Provinsi Bengkulu.. ISBN 978-623-92481-6-1

[img] Text
ok Kinerja Dokter Kirim.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Alhamdulillahi Rabbil ‘Aalamiin, puji dan syukur penulis haturkan kepada Allah SWT, karena berkat rahmat, dan kekuatan dari-Nya, penulis dapat menyelesaikan buku ini dengan lancar dan baik. Tidak lupa shalawat serta salam, semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. Dan keluarganya, para sahabatnya, dan para pengikutnya-pengikutnya, semoga kita diakui sebagai ummatnya Nabi Muhammad SAW. Dan mendapatkan syafaat-Nya di hari qiyamat. Aamiin. Penulis banyak mengucapkan terima kasih kepada seluruhpihak yang memberikan semangat dan bantuan untuk selesainyabuku ini dengan judul “Kinerja Dokter : Job Characteristic, Personality Traits, dan Posttraumatic Stress Disorder.” Buku ini ditulis berdasarkan kajian teoritis dan hasil penelitian yang dilakukan penulis. Bisa menjadi kajian nasional dan internasional terhadap tawaran konsep secara factual tentang Manajemen yang, bahan referensi bagi civitas akademika dan masyarakat secara umum. Penulis ingin menyampaikan ada beberapa hal yang di bahas dalam buku ini diantaranya salah satu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) mempunyai posisi yang sangat strategis dalam kehidupan serta keberlangsungan perusahaan. Hal ini karena baik buruknya MSDM dapat berdampak pada kinerja, produktivitas, motivasi, dan kepuasan kerja yang pada gilirannya menentukan maju mundurnya perusahaan. MSDM diakui menjadi suatu isu global dan integral dari daya saing di arena globalisasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala masalah yang muncul dalam perkembangan dan persaingan bisnis berasal dari manusia dan hanya dapat diselesaikan serta dikelola oleh manusia, karena manusia menjadi perencana,pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi publik dan bisnis. Sumber daya manusia yang mempunyai peranan yang paling penting dalam suatu Rumah Sakit adalah Dokter. Dokter merupakan ujung tombak yang sangat penting dan sangat menentukan untuk menentukan maju atau mundurnya suatu Rumah Sakit. Menyoroti tentang dokter serta kinerjanya dalam suatu rumah sakit merupakan sesuatu hal yang sangat menarik dan penting diketahui agar pihak rumah sakit dapat melakukan perbaikan demi kemajuan suatu rumah sakit. Seorang dokter dalam menjalankan tugasnya mempunyai tujuan untuk memberikan pelayanan publik sebaikbaiknya secara akurat dan aman, memberi kepuasan, kenyamanan dan mempercepat serta mempermudah pelayanan. Sedangkan potret kinerja dokter di rumah sakit pemerintah di Indonesia yang terjadi saat ini adalah rendahnya profesional. Hal tersebut sebagai akibat dari dokter yang meterialistis, disiplin kerja yang kurang karena sering datang terlambat dan pulang cepat. Rendahnya kompetensi karena mahalnya biaya pelatihan dan kursus di bidang kedokteran. Sering terburu-buru dalam bekerja dan lamanya daftar tunggu untuk dapat dioperasi jantung atau kanker, karena jumlah pasien banyak sedangkan dokter sedikit, lamanya daftar tunggu untuk dapat dioperasi jantung atau kanker, kurangnya komunikasi dengan pasien karena tidak ada waktu yang cukup. Tingkat kesejahteraan yang belum memadai sehingga dokter banyak mencari tambahan di rumah sakit swasta lainnya, distribusi dokter yang belum ideal dan merata di seluruh Indonesia karena dokter banyak menumpuk di kota-kota besar. Kurang objektifnya penilaian kinerja, kenaikan pangkat yang tidak berdasarkan pada prestasi kerja, budaya kerja dan semangat kerja yang masih rendah, serta penerapan peraturan disiplin yang tidak dilaksanakan secara konsisten. Beberapa hal tersebut merupakan masalah yang cukup menarik dan penting, karena bermanfaat bagi kepentingan individu, masyarakat, bangsa dan negara. Penulis menyadari bahwa tulisan ini bukan merupakan karya yang sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan agar tulisan ini sesuai dengan yang diharapkan dan menjadi kajian yang memberikan manfaat khususnya dalam dunia Manajemen Pendidikan.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmail
Muhardini, SusiUNSPECIFIED
Sudiarditha, I Ketut RUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:03
Last Modified: 03 Dec 2020 03:21
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item