Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Adat Jamau Kutai

Sri Bintang, Anggi and Yusro, Ngadri and Nurjannah, Nurjannah and Yanuarti, Eka (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Adat Jamau Kutai. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 3 (2). pp. 81-88. ISSN 2598-4934

[img] Text
Full Text 1.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text
Turnitin 4.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)
Official URL: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KAGANGA/ar...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adat Jamau Kutai dan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam adat Jamau Kutai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adat Jamau Kutai adalah acara adat yang berisi seperti membaca Al-Qur’an, kata sambutan, ceramah agama, membaca do’a dan menyantap hidangan. sedangkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam adat Jamau Kutai yaitu pendidikan akhlak meliputi tumbuhnya budaya saling membantu, kerja sama, setia kawan. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa di dalam adat Jamau Kutai sudah mengandung nilai agama yang sangat kuat sedangkan nilai-nila pendidikan akhlak yang terkandung di dalam adat Jamau Kutai yaitu untuk menumbuhkan budaya saling membantu, kerja sama dan setia kawan.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Sri Bintang, AnggiUNSPECIFIED
Yusro, Ngadringadriyusro69@gmail.com
Nurjannah, NurjannahUNSPECIFIED
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Adat, Jamau Kutai, Pedidikan Akhlak
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:25
Last Modified: 05 May 2023 08:07
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1480

Actions (login required)

View Item View Item