Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis)

H, Hardivizon (2017) Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (2). p. 101. ISSN 2548-3390

[img] Text
287-1057-2-PB.pdf - Published Version

Download (517kB)
Official URL: https://doi.org/10.29240/bjpi.v2i2.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mekonstruksi pemahaman hadis mengenai tema metode pembelajaran Rasulullah SAW. Sisi-sisi yang ditelaah adalah pada dimensi historis hadis nabi, dari mulai turunnya hingga kajian seputar ma‟ān al- ḥadīṣ. Dari upaya tersebut, dibuatlah konsep peta historis baik dari sisi hermeneutis dalam kajian Islam maupun relevansinya dalam kajian hadis, guna mendapatkan makna yang lebih kontekstual dan aplikatif. Pendekatan penelitian ini diadopsi dari hermeneutika Hassan Hanafi dalam memahami teks wahyu sebagai sumber hukum. Yakni, berangkat dari tiga kesadaran; 1) sejarah (asy-syu‟u>r at-ta>ri>khy), 2) eidetis (asy-syu‟u>r at-ta‟ammuli) 3) praksis (asy-syu‟u>r al-„amali). Penelitian ini menemukan: 1) Dalam menyampaikan pesan melalui metode ceramah, Rasulullah menyampaikan dengan pembicaraan yang jelas, mudah dipahami, dan bila perlu diulang sebanyak tiga kali. 2) Metode tanya-jawab digunakan Rasulullah untuk mengundang rasa ingin tahu sahabatnya, dan juga untuk memberikan pengajaran berdasarkan masalah yang dimiliki oleh sahabatnya. 3) Metode eksperimen dilakukan pada ilmu-ilmu terapan seperti pertanian, dengan tujuan agar diperoleh pemahaman setelah proses percobaan tersebut. 4) Metode demonstrasi beliau lakukan untuk menunjukkan tatacara pelaksanaan sesuatu, misalnya tayammum. Sahabat dengan mudah memahami apa yang beliau tunjukkan, tanpa perlu menjelaskannya secara verbal. Kata kunci: Naqd al-Hadis, metode pembelajaran, pemahaman hadis.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
H, Hardivizonhardi.vizon@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 19 Oct 2019 05:37
Last Modified: 15 Nov 2019 17:07
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item View Item