Pemahaman guru bimbingan konseling terhadap kurikulum merdeka belajar
- March 1, 2023
- Abstract Views: 0
- Downloads: 0
- Page: 63-76
Abstract
Full Text:
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. “The Impact of Covid19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of ‘Merdeka Belajar.’” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), (2020): 38–49.
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Arumsari, Nisa Fadillah Dwi, and AR. Koesdyantho. “Peran Guru Bk Dalam Mempersiapkan Siswa-Siswi Menghadapi Kurikulum Merdeka Belajar (Penelitian Pada Siswa Kelas XI Program Studi Pariwisata Di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021).” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol 7, No. (2021): 1–9.
Baharuddin, M. R. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi).” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4 (1) (2021): 195–205.
Depdikbid. Buku Saku Kurikulum Merdeka Belajar, 2020.
Effendi, Dudy Imanuddin and Sarbini, Ahmad. Arah Dan Konstruksi Kurikulum Prodi Bimbingan Konseling Islam Berbasis Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Pusat Perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung., 2020.
Hesti Yulia Rosadi & 2Dian Fitri Andriyani. “Tantangan Menjadi Guru BK Dengan Kurikulum Merdeak Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 4 ISSN. 2720 (2020): 356–63.
Kurniawan, Nanda Alfan, Randi Saputra, and Annisa Arrumaisyah Daulay. “Implementasi Prinsip-Prinsip Merdeka Belajar Bagi Calon Konselor,” no. 5 (2020).
Menkumham. “Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014,” 2014.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Musianto, L. S. (N.D.). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian, n.d.
Nisa Fadillah Dwi Arumsari. “Peran Guru BK Dalam Memppersiapkan Siswa-Siswi Mennghadapi Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol 7, No. (2021): 1–9.
Nursalim, Mochamad. “Peran Guru BK/ Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar.” PD ABKIN JATIM Open Journal System 1, no. 2 (2020): 11–18. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/81.
“Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah,” 2014.
Rosmana. “Kesiapan Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Kurikulum Prototipe Untuk Menciptakan Generasi Yang Kreatif Dan Inovatif. Equilibrium.” Jurnal Pendidikan 10 (2) (2022): 175–84.
Triyono, Triyono, and Rahmi Dwi Febriani. “Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Wahana Konseling 1, no. 2 (2018): 74. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2092.
Wijaya, Atika, Moh. Solehatul Mustofa, and Fadly Husain. “Sosialisasi Program Merdeka Belajar Dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros.” Jurnal Puruhita 2, no. 1 (2020): 46–50. https://doi.org/10.15294/puruhita.v2i1.42325.
Refbacks
- There are currently no refbacks.