Peran konseling realitas dalam mengurangi stres orang tua mendampingi anak belajar di rumah selama covid-19

  • December 30, 2022
  • Abstract Views: 0
  • Downloads: 0
  • Page: 170-183
Corresponding Author

Abstract

Pandemicovid 19tahun 2020 di 216 mencapai 18 juta, dengan tambahan 171.815 positifselama 24 jam.Indonesia merupakan negara dengan paparan tertinggi di Asia Tenggarayang mencapai 113.134 (people's mind.com). PP No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)dan surat edaranMenristekdikti nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang belajar daring selama pandemi covid-19.Perubahan pola belajar inimembuat orang tua stres. Tujuan penelitian ini bertujuan mengetahui peran konseling realitas dalam mengurangi stres orang tua mendampingi anak belajar di rumah pada pandemi Covid 19. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif yangdiklasifikasikan menjadi4 tahapan.;, tahap prototyping, analisis data,kerja lapangan, dan laporan. Instrument. Alat pengumpul data yang digunakan interview mendalam (dept interview), angket, dokumentasi data dan observasi selamaproses konseling realitas. Hasil penelitian menunjukan orang tua lebihmelindungi anaknya, cemas anaknya tertular virus covid. Factor pemicu stress orang tua disamping terlalu banyak waktu dirumah, sulitnya mendapatkan nafkah hidup, harus menyediakan sarana belajar daring, juga kesulitan memahami materi pelajaran anak-anaknya. Untuk mereduksi stress ditumbuhkan tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya pendidikan anak dan harus memprioritaskan kebutuhan tersebut, seringkali digunakan teknik “tidak memaafkan klien” dan “menfrustrasikan kllien” sangat efektif menumbuhkan tanggung jawab Orang tua. Kesadaran akan tanggung jawab tersebut dapat mengurangi stress, sehingga orang tua dapat berfikir dengan baik membantu solusi permasalahan belajar anak. Seperti mencari di google, bertanya lewat telepon atau chatting via WA keteman yang pintar, serta memotivasi untuk penyelesaian tugas-tugas sekolahnya.

Full Text:

References

Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (2020): 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. “Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orangtua Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1 (3) (2016): 486–91.

Corey, G. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (Eighth Edition). Thomson, GA: Thomson Higher Education, 2009.

Corey, G. 2012. Theory and Practice Counseling and Psychotherapy. Diman Dan Nuraeni, 2013.

Corey, Gerald. Teori Dan Praktik Konseling. jakarta: Refika Aditama, 2007.

Darajat, Zakiah. Islam Dan Kesehatan Mental. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung, 1996.

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati. “Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia.” Jurnal Basicedu Volume 5(4 (2021): 1766–1777.

Govaerts, S. & Gregoire, J. “Stressfull Academic Situations: Study on Appraisal Variables in Adolescence.” British Journal of Clinical Psychology 54 (2004): 26-27.

Kurniati, E., Nur Alfeini, D. K., & Andriani, F. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Men_dampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 241-256.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia 2 nomor 1 (2021): 33–41.

Lase, Binariang, and Talizaro Tafonao. “Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi” 1, no. Juli (2021): 15–27.

Latipun. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press, 2015.

Lazarus, RS, Folkman S. 1984. Stress, Appraisals and Coping. New York: Springer Publishing Company, 1984.

Lexy Maleong. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya, 2004.

Maslihah, S. “Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat.” Jurnal Psikologi Undip 10 (2) (2011).

Mastoah, Imas, and Zulaela MS. “Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 121–28. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3663.

Megawanti, P., Megawanti, E., & Nurkhafifah, S. “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi COVID 19.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 7 (2020): 75–82.

Moh Muslim. “Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Manajemen Bisnis 23, no. 2 (2020): 192–201.

Mubin, MF, PH Livana, and AR Mahmudah. “Description of the Elderly Family Stress Level,” 2020, 128–33.

Novalina, Susi Diriyanti. “Efektivitas Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri.” Jurnal Psikologi Analitika 7, no. 2 (2017): 99–104.

Palang Merah Indonesia (PMI) Editor: Herry Prasetyo. Panduan-Manajemen Stres. jakarta: Palang Merah Indonesia, 2015.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0.” In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 1 no 1 (2019).

Safira Rona Mahmudah. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19.” Jurnal Al – Mau’izhoh 2, no. 2 (2020): 1–14.

Sarafino, E. P., Timothy W. Smith. “Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th Edition,” 2011.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RD. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sumampouw, Nathanael & Ibnu Mundzir. “Manajemen Stress Bagi Pekerja Kemanusiaan.” Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI, 2011.

Tirtawati, Anak Agung Rai. “Pentingnya Kualitas Hubungan Antar Pribadi Konselor Dalam Konseling RealitasPentingnya Kualitas Hubungan Antar Pribadi Konselor Dalam Konseling Realitas.” Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra 7, no. 1 (2017): 1–19.

Wardani, Anita, and Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.

Yuhenita, N.N.; Indiati. “Tingkat Resiliensi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Sekolah Di Rumah Pada Masa Pandemic.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 5336–41.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.