MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SMK IT KHOIRU UMMAH REJANG LEBONG DENGAN PROGRAM FINGER PRINT “RENKEHATU”

Main Article Content

Rajab Effendi
Jumira Warlizasusi

Abstract

Disiplin di tempat bekerja tidak hanya semata-mata patuh dan taat terhadap sesuatu yang kasat mata, seperti penggunaan seragam kerja, datang dan pulang sesuai jam kerja, tetapi juga patuh dan taat terhadap sesuatu yang tidak kasat mata yang melibatkan komitmen, baik dengan diri sendiri ataupun komitmen dengan sekolah atau suatu instansi. Faktor pendukung dominan bagi kedisiplinan guru berasal dari dalam diri guru sendiri. Faktor-faktor tersebut yaitu kompetensi profesional, motivasi, kreativitas, dan produktivitas guru, pendidikan, serta karakter guru.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan analisa data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.


Hasil analisis menunjukkan bahwa Program Finger Print Rengkehatu di SMK IT Khoiru Ummah dapat disimpulkan efektif diterapkan untuk meningkatkan motivasi guru agar hadir tepat waktu. Dari sisi kemampuan adaptasi dalam penggunaan Finger print Rengkehatu dalam meningkatkan disiplin kerja guru sebelumnya masih banyak yang terlambat,akan tetapi dengan program Finger Print Rengkehatu setelah diakumulasi data secara digital keterlambatan semakin berkurang hingga semua tepat waktu, Bahan ini juga kemudian dijadikan bahan kepala sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru terutama terhadap kedisiplinan guru.

Article Details

How to Cite
Effendi, R., & Warlizasusi, J. . (2022). MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU SMK IT KHOIRU UMMAH REJANG LEBONG DENGAN PROGRAM FINGER PRINT “RENKEHATU”. Jurnal Literasiologi, 7(3). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.317
Section
Journal