Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu)
Abdul Rahman, AR and Partomuan Harahap, PH and Wahyu Naldi, WN (2023) Motivasi Guru Menulis Karya Ilmiah; Faktor Penyebab dan Solusi (Studi Kasus Pada Guru PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri Rejang Lebong -Bengkulu). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (1). pp. 567-581. ISSN P- 2252-8970, E-2581-1754
Text
Jurnal Rahman 23.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan yang menulis karya tulis ilmiah, kemudian dipublikasikan ke jurnal ilmiah adalah kendala guru utama, sebagai syarat untuk naik pangkat ke Pembina IV.a dan pangkat sesudahnya. Bahkan sampai saat ini banyak guru hingga pensiun, pangkatnya bertahan di Pembina IV.a. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengeloborasi kendala-kendala yang dialami guru pada saat menulis karya tulis ilmiah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara, FGD dan observasi. Responden adalah guru PAI yang mengajar di SMA Negeri di wilayah Kabupaten Rejang Lebong. Temuan penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi guru menulis karya ilmiah adalah 1) Kurangnya Informasi dan Sosialisasi; 2) Biaya yang tinggi dan waktu yang lama; 3) Kurangnya Informasi dan Sosialisasi; 4). Rendahnya Motivasi Guru Menulis; 5) Biaya yang tinggi dan waktu yang lama; 6) Tidak terampil menggunakan media; 7) Kurang Referensi dan Pendampingan; 8) Sudah puas dengan kondisi yang sudah ada; 9) Mitos, guru cukup pangkat IV.a. Kesimpulan penelitian faktor penyebab rendah motivasi guru menulis karya ilmiah disebabkan faktor dalam diri guru (internal) dan faktor diluar diri guru (eksternal). Diperlukan stimulus dan pendampingan serta motivasi dari pihak eksternal agar motivasi guru untuk menulis semakin membaik Kesimpulan penelitian faktor penyebab rendah motivasi guru menulis karya ilmiah disebabkan faktor dalam diri guru (internal) dan faktor diluar diri guru (eksternal). Diperlukan stimulus dan pendampingan serta motivasi dari pihak eksternal agar motivasi guru untuk menulis semakin membaik Kesimpulan penelitian faktor penyebab rendah motivasi guru menulis karya ilmiah disebabkan faktor dalam diri guru (internal) dan faktor diluar diri guru (eksternal). Diperlukan stimulus dan pendampingan serta motivasi dari pihak eksternal agar motivasi guru untuk menulis semakin membaik
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | karya bersama | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Guru, Karya Tulis Ilmiah | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Mr Abdul Rahman | |||||||||
Date Deposited: | 16 May 2023 02:05 | |||||||||
Last Modified: | 16 May 2023 02:05 | |||||||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1647 |
Actions (login required)
View Item |