Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality

Risdianto, Eko and Yanto, Murni and Kristiawan, Muhammad and Gunawan, Guntur (2021) Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). pp. 1487-1500. ISSN 2549-8959

[img] Text
907-4647-1-PB.pdf

Download (587kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis respon terhadap kebutuhan model blended learning berbasis MOOCs berbantuan augmented reality bagi guru PAUD. Teknik sampling yang digunakan adalah pusposive sampling dengan sampel data pada penelitian ini yaitu 90 guru. Penelitian ini adalah merupakan bagian dari penelitian R n D yaitu pada tahap analisis kebutuhan, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket kebutuhan terhadap model blended learning berbasis MOOCs berbantuan augmented reality bagi guru PAUD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliable dan berdasarkan analisis dengan model rasch dengan aplikasi winstep mendapatkan hasil bahwa kualitas respon angket ini sangat baik. Hasil penelitian menyebutkan guru PAUD sangat setuju bahwa dibutuhkannya model blended learning berbasis MOOCs berbantuan augmented reality. Penelitian ini memberi kontribusi bagi praktisi pendidikan agar berinovasi membuat MOOCs berbantuan augmented reality sebagai model blended learning untuk guru PAUD.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Risdianto, EkoUNSPECIFIED
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Kristiawan, MuhammadUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: blended learning; moocs; augmented reality; guru paud
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 18 Dec 2020 04:43
Last Modified: 18 Dec 2020 04:43
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item