SISTEM PENJAMINAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDN 3 SURULANGUN KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA

Main Article Content

Amriyadi Amriyadi
Murniyanto Murniyanto
Idi Warsah

Abstract




Penjaminan mutu pendidikan menjadi penting untuk memastikan bahwa siswa menerima pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat. Salah satu cara untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan adalah melalui sistem penjaminan mutu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem penjaminan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun Kabupaten Musi Rawas Utara khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah, serta observasi langsung terhadap pembelajaran di kelas V.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penjaminan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 3 Surulangun telah diimplementasikan dengan baik melalui beberapa tahapan, seperti penyusunan program pembelajaran, penggunaan media pembelajaran yang tepat, dan penilaian hasil belajar siswa secara teratur. Kurikulum pendidikan agama Islam di kelas V mengacu pada kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan konteks lingkungan. Implementasi penjaminan mutu pembelajaran dilakukan melalui penerapan standar nasional pendidikan (SNP) dan kegiatan supervisi dan monitoring oleh kepala sekolah. Evaluasi dan penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan berbagai bentuk penilaian, seperti penilaian harian, tugas, ujian, dan penilaian sikap.




Article Details

How to Cite
Amriyadi, A., Murniyanto, M., & Warsah, I. (2023). SISTEM PENJAMINAN MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDN 3 SURULANGUN KABUPATEN MUSI RAWAS UTARA. Jurnal Literasiologi, 9(3). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i3.525
Section
Journal

Most read articles by the same author(s)