Pembelajaran Terintegrasi Dengan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa (Penelitian Eksperimen Pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Curup)

Fathurrochman, Irwan (2017) Pembelajaran Terintegrasi Dengan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa (Penelitian Eksperimen Pada Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Curup). Technical Report. LP2M IAIN Curup.

[img] Text
Laporan Penelitian 2017 ok - irwan IAIN Curup.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam yang terintegrasi dengan media sosial dalam meningkatkan motivasi belajar mahsiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen, yaitu penelitian yang ingin memprediksi pengaruh atau perubahan terhadap suatu kondisi apabila kondisi tersebut dikontrol atau diberikan perlakukan (treatment). Tujuannya adalah untuk melihat perubahan yang terjadi dalam kelompok ekperimental kemudian ditarik generalisasi yang mencakup populasi yang lebih luas. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobabilty sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Tarbiyah STAIN Curup, dengan dua kelas yang dibandingkan, yakni kelas A sebagai kelas eksperimen (Prodi BKI dengan jumlah 13 mahasiswa) dan kelas B sebagai kelas kontrol (Prodi MPI dengan jumlah 19 mahasiswa). Kedua kelas tersebut di uji dengan pre-test untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa sebelum diterapkan pembelajaran mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam terintegrasi media sosial. Setelah itu, kedua kelas tersebut diberikan perlakuan berupa bentuk pembelajaran yang berbeda. Kelas A diberikan perlakuan berupa pembelajaran terintegrasi dengan media sosial, dan kelas B diberikan perlakuan pembelajaran mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam dengan metode lain. Setelah pemberian treatment, kedua kelas tersebut di uji lagi dengan post-test untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk menguji normalitas data, uji fisher untuk menguji homogenitas data, uji-t untuk menguji hipotesis, dan normal gain untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh t-hitung sebesar 3,2 dengan harga t-tabel sebesar 2,08, maka t-hitung > t-tabel. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam terintegrasi dengan media sosial terhadap Upaya meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Creators:
CreatorsEmail
Fathurrochman, Irwaninhamna@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 19 Oct 2019 05:52
Last Modified: 15 Nov 2019 17:11
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item