Manajemen Keterampilan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesa di Sekolah Dasar
Yanto, Murni (2018) Manajemen Keterampilan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesa di Sekolah Dasar. ESTETIK, 1 (2). pp. 167-177.
Text
701-2851-1-SM.pdf Download (484kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan membaca dan menulis siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri nomor 02 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu cara menemukan pengetahuan yang menggunakan berbentuk angka sebagai alat menemukan keterangan. Mengenai apa yang ingin diketahui. Populasi penelitian siswa kelas 1 berjumlah 28 orang. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sample purposive, yaitu teknik pertimbangan tertentu. Sample penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 02 Rejang Lebong yang berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 9 prempuan 5 laki-laki. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Tes yang digunakan tes tertulis dan tes lisan. Hasil yang diperoleh penelitian ini dilakukan melalui angket diambil kesimpulan bahwa keterampilan membaca dan menulis siswa kelas satu yaitu tinggi dan rendah. Antara variabel x dan y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi. Dengan memperhatikan besarnya yaitu 0,763 yaitu berkisar antara 0,70-0,90. Jadi, dapat disimpulkan hipotesa (Ha) tidak ada pengaruh terhadap membaca dan menulis siswa kelas 1 Rejang Lebong atau hipotesa (Ha) diterima,sedangkan hipotesa (Ho) kemampuan membaca dan menulis atau hipotesa (Ho) ditolak
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Keterampilan Membaca, Menulis | ||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | ||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||
Depositing User: | Administrator Repository | ||||
Date Deposited: | 18 Dec 2020 05:54 | ||||
Last Modified: | 18 Dec 2020 05:54 | ||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/170 |
Actions (login required)
View Item |