Pengaruh Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional dalam Menciptakan Kualitas Output Motivasi Belajar Siswa

Irawan, Nopi and Bahri, Syaiful and Yanto, Murni (2025) Pengaruh Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional dalam Menciptakan Kualitas Output Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi Indonesia, 13 (2). pp. 413-422. ISSN 2656-3320

[img] Text
940 - Published Version

Download (33kB)
Official URL: https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak perubahan kurikulum terhadap motivasi belajar siswa di tingkat pendidikan menengah. Kurikulum adalah elemen kunci dalam sistem pendidikan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan pencapaian siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber data yang digunakan yaitu studi kepustakaan, teknik analisis data yang digunakan yaitu perbandingan studi kepustakaan serta mengidentifikasi dampak-dampak utama perubahan kurikulum terhadap motivasi belajar siswa, baik dampak positif maupun negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum dapat memiliki dampak yang bervariasi terhadap motivasi belajar siswa. Dampak positif dapat terjadi ketika perubahan kurikulum mencakup penyegaran materi pembelajaran, pendekatan pengajaran yang lebih interaktif, tujuan pendidikan yang jelas, evaluasi yang adil, dan tantangan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Irawan, NopiUNSPECIFIED
Bahri, Syaifulsyaiful@iaincurup.ac.id
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:50
Last Modified: 24 Jun 2025 01:51
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item