Strategi manajemen literasi Perpustakaan SDN Muara Tiku

Main Article Content

Murniyanto Murniyanto

Abstract

Ilmu Perpustakaan  merupakan institusi yang berfokus pada pengembangan literasi, yang idealnya berperan sebagai penggerak budaya membaca di kalangan siswa. Namun, upaya ini seringkali terhambat oleh rendahnya minat baca serta kecenderungan siswa untuk mengakses  secara instan tanpa pendalaman sumber akademik.


Penelitian  menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan Teknik


Hasil penelitian pertama Pembudayaan literasi di sekolah,kedua pembudayaan : pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam tahap pembiasaan, kegiatan sederhana seperti membaca dan bercerita selama 15 menit mendorong minat baca tulis. Pada tahap pengembangan, literasi dimasukkan ke dalam pembelajaran melalui tugas analisis, resensi, eksplorasi sumber ilmiah.ketiga Penerapan manajemen strategi dalam pembudayaan literasi di sekolah, yang memperkuat keterlibatan serta kualitas akademik siswa.

Article Details

How to Cite
Murniyanto, M. (2025). Strategi manajemen literasi Perpustakaan SDN Muara Tiku. Jurnal Literasiologi, 14(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v14i2.1034
Section
Journal

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>