Tantangan, Harapan, Dan Peluang Program Studi Tadris Matematika IAIN Curup dalam Mewujudkan Guru Matematika Yang Islami, Profesional, dan Kompetitif
Arbaini Wahyuningsih, Wiwin and Mutia, Mutia (2018) Tantangan, Harapan, Dan Peluang Program Studi Tadris Matematika IAIN Curup dalam Mewujudkan Guru Matematika Yang Islami, Profesional, dan Kompetitif. Technical Report. LPPM IAIN Curup, Curup-Bengkulu Indonesia.
Text
Laporan Akhir.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Sejalan dengan Visi Program Studi Tadris Matematika Jurusan Tarbiyah IAIN Curup yaitu Pada tahun 2037 menjadi Program Studi bermutu dan terkemuka dalam menghasilkan Pendidik Matematika yang Islami, profesional, dan kompetitif pada jenjang tadris menengah, maka Program Studi Tadris Matematika IAIN dituntut untuk dapat menyelenggarakan tadris dan pengajaran di bidang Tadris Matematika secara profesional dalam rangka melahirkan tenaga pendidik di bidang Tadris Matematika yang memiliki moralitas tinggi serta mampu bersaing dalam dunia tadris. Adapun peminat yang memilih prodi tadris matematika terhitung sedikit jika dibandingkan dengan prodi-prodi lainnya yang ada, yaitu hanya ada 18 orang mahasiswa prodi tadris matematika angkatan pertama dan 17 orang pada angkatan kedua.Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar orang merasakan payah untuk belajar matematika justru menjadi sebuah peluang daripada program keguruan yang lain, salah satu di antaranya pasar kerja untuk program studi ini dapat menjadi guru di berbagai jenjang sekolah, yakni jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Mata pelajaran matematika juga mampu menjadi langganan prioritas dalam program-program bimbingan belajar, dengan kata lain, peluang mendapat pekerjaan lebih banyak. Untuk mewujudkan guru matematika yang islami, profesional, dan kompetitif tersebut bukanlah suatu hal yang mudah bagi Tadris Matematika IAIN Curup. Banyak tantangan dan hambatan yang akan dirasakan Tadris Matematika untuk mencapai itu semua. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis kekuatan dan kelemahan prodi Tadris Matematika untuk mengantisipasi tantangan dan menciptakan sebuah peluang dengan menggunakan analisis SWOT yaitu dengan mengevaluasi faktor-faktor yang menjadi Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats) yang mungkin terjadi dalam mencapai suatu tujuan dari prodi tersebut. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dalam berbagai setting, berbagai sumber, dan berbagai cara. Pengumpulan data dapat menggunakan sumber primer dan sumber sekunder melalui wawancara. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Adapun kekuatan yang dimiliki oleh tadris matematika dalam mewujudkan guru matematika yang islami, kompetitif, dan profesional adalah 1) tadris Matematika IAIN Curup telah memiliki mata kuliah keislaman; 2)dosen-dosen tadris matematika selalu bertanggung jawab dan melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas baik dalam pengajaran, penelitian, maupun pengabdian; 3) selama menyampaikan materi, dosen selalu menyampaikan materi dengan sungguh-sungguh dan sesuai dengan silabus; 4)dosen-dosen selalu memberikan keteladanan kepada mahasiswa seperti dalam hal berpakaian dan etika sopan santun; 5)dosen-dosen selalu berupaya meningkatkan kompetensi keilmuannya dengan melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian; 6)dosen-dosen selalu memberikan penilaian hasil evaluasi belajar dan bertindak seobjektif mungkin; 7)dosen-dosen selalu menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa seperti tidak menghardik, tidak menghina, tidak mencaci, dan lain sebagainya; 8)dosen-dosen selalu bersikap ramah, senyum, mengucapkan salam, dan menjalin hubungan yang baik dengan mahasiswa; dan 9)dosen-dosen sudah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuannya serta telah menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran bidang yang diampu. Adapun strategi yang dilakukan untuk mewujudkan guru yang islami, profesional, dan kompetitif diantaranya pengembangan bahan ajar matematika yang terintegrasi keislaman, menghubungkannya dengan ayat-ayat suci Alquran dan hadis; menanamkan nilai-nilai karakter kepada mahasiswa seperti rasa tanggung jawab dan ikhlas dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dosen, mandiri, jujur, dan disiplin; memberikan keteladanan kepada mahasiswa dengan mengucapkan salam dan bersikap ramah kepada mahasiswa dan bersikap adil; menjalin hubungan yang baik dengan mahasiswa; menjadi contoh yang baik dalam kehidupan bermasyarakat; menciptakan perkuliahan yang penuh kehangatan dan menyenangkan; memberikan penilaian yang objektif kepada mahasiswa dan meningkatkan kompetensi keilmuan mahasiswa khususnya pada keilmuan matematika.
Item Type: | Monograph (Technical Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Administrator Repository | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2019 01:27 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2019 16:58 | ||||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/47 |
Actions (login required)
View Item |