Survei Kepuasan Mahasiswa Fakultas Agama Islam Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan dengan Pendekatan Service Quality

Oktapiani, Marliza and Sutiono, Sutiono and Choli, Ifham and Warlizasusi, Jumira (2021) Survei Kepuasan Mahasiswa Fakultas Agama Islam Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan dengan Pendekatan Service Quality. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 10 (02). pp. 693-708. ISSN 2581-1754

[img] Text
1495 - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
Turnitin 5.pdf - Supplemental Material

Download (3MB)
Official URL: http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/e...

Abstract

Peningkatan mutu menjadi semakin penting bagi institusi yang digunakan untuk memperoleh kontrol yang lebih baik melalui usahanya sendiri. Mutu menjadi faktor pembeda bagi sebuah institusi. Fokus terhadap pelanggan yang notabene merupakan poin inti dari sebuah mutu yang merupakan salah satu cara efektif dalam menghadapi kompetisi dan bertahan didalamnya.  Survei yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa dalam memberikan sumbangan pemikiran yang positif bagi Fakultas Agama Islam Universitas Islam As-Syafi’iyah dalam mewujudkan institusi yang mengedepankan Ilmu dan Agama. Pada penelitian survei kepuasan terhadap kualitas pelayanan pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam As-syafi’iyah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 249 mahasiswa yang terdiri dari tiga program studi yaitu Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Perbankan Syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam As-syafi’iyah secara keseluruhan adalah termasuk dalam pencapaian puas dengan indeks kepuasan terletak pada dimensi Kepastian (Assurance) dengan angka 52% dan yang paling rendah adalah dimensi bukti Fisik Layanan (Tangible) dengan angka 40%. Jika dirata-ratakan maka hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan indeks kepuasan mahasiswa adalah termasuk dalam pencapaian cukup puas hingga puas.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Oktapiani, MarlizaUNSPECIFIED
Sutiono, SutionoUNSPECIFIED
Choli, IfhamUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan; Service Quality; Pelayanan Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs Maisona Maisona
Date Deposited: 29 Nov 2021 03:08
Last Modified: 15 May 2023 03:05
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item