Persepsi Guru terhadap Penerapan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Khair, Ummul (2019) Persepsi Guru terhadap Penerapan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 2 (1). p. 48. ISSN 2622-1810

[img] Text
896-4016-1-PB - Ummul Khair.pdf - Published Version

Download (284kB)
Official URL: https://doi.org/10.29240/estetik.v2i01.896

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 memberi anggapan yang berbeda-beda untuk setiap guru yang mengimplementasikannya karena KTSP dan Kurikulum 2013 terdapat banyak sekali perbedaan yang ditimbulkan dari kedua kurikulum, mulai dari segi perencanaannya, pelaksanaannya, pemahaman dan respon siswa serta penilaiaanya . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai: 1) persepsi guru terhadap penerapan KTSP dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3) perbedaan penerapan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, 4) kurikulum yang paling efektif digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang memaparkan/menjelaskan kata demi kata secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan melakukan wawancara dengan guru kelas IV; dan sumber data sekunder diperoleh dari internet atau buku-buku. Data dianalisis dengan cara: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia berbeda-beda antara guru kelas IV A dan guru kelas IV B baik itu dari segi perencanaan, pelaksanaan, pemahaman dan respon siswa serta penilaiiannya seperti perencanaan yang menggunakan metode yang berbeda-beda dalam pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Indonesia, pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan terpisah di KTSP dan menggunakan tema di Kurikulum 2013, penilaian KTSP yang menitik beratkan pada ranah kognitif membuat pemahaman anak mengenai pengetahuan lebih tinggi, sedangkan penilaian Kurikulum 2013 yang menitik beratkan pada ranah afektif yang menekankan pada karakter anak di sekolah. Perbedaan penerapan KTSP dan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditemukan berdasarkan hasil wawancara dituangkan dalam bentuk Tabel.4.5. Terdapat perbedaan persepsi guru mengenai kurikulum yang paling efektif digunakan sesuai dengan pengalaman belajar guru kelas IV masing-masing jika bagi guru tersebut kurikulum yang digunakan menyenangkan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkat potensi siswa maka kurikulum tersebut yang paling efektif digunakan. Kata kunci: Persepsi, KTSP, Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 25 Nov 2019 08:49
Last Modified: 25 Nov 2019 08:49
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/56

Actions (login required)

View Item View Item