Pengamalan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika

Sumarto, Sumarto (2019) Pengamalan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Penerbit Buku Literasiologi, Jl. Pemancar TVRI Tasik Malaya, Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. ISBN 978-623-90875-9-3

[img] Text
Pengamalan Pancasila Bhineka Tunggal Ika_sumarto.pdf - Published Version

Download (864kB)

Abstract

buku ini dengan judul “Pengamalan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.” Buku Pengamalan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika adalah hasil kajian diskusi dan seminar kelas, yang di rangkai dalam kumpulan tulisan, menjadi sumber referensi dan pengembangan kajian dalam penelitian lebih lanjut. Pancasila sebagai suatu dasar filsafat negara, merupakan suatu sistem nilai sehingga hakikatnya Pancasila adalah satu kesatuan. Kelima dasar atau prinsip yang ada dalam sila-sila Pancasila saling berhubungan dan bekerja sama untuk satu tujuan tertentu sehingga dapat disebut sebagai sistem. Meskipun setiap sila dalam hakikatnya merupakan suatu asas yang memiliki fungsi sendiri-sendiri, namun tujuannya sama yaitu mencapai masyarakat Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila Aktualisasi Pancasila adalah bagaimana proses nilai-nilai Pancasila benar-benar dapat tercermin dalam sikap dan perilaku seluruh warga negara mulai dari pimpinan negara, aparatur negara sampai kepada rakyat biasa. Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara memerlukan situasi dan kondisi yang memungkinkan seluruh lapisan masyarakat yang dapat mencerminkan nilai-nilai Pancasila itu dan dapat terlihat dalam perilaku bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmail
Sumarto, Sumartosumarto.pasca@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs Maisona Maisona
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:46
Last Modified: 10 Jan 2022 08:46
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item