PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA: Studi Psikologis dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali
Warsah, Idi (2020) PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA: Studi Psikologis dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Tunas Gemilang Press, Yogyakarta, Indonesia. ISBN 978-623-7292-28-9
Text
BUKU PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA_ Studi Psikologi & Sosiologi Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali.pdf Download (2MB) |
|
Text
SK PENELITIAN 2017.pdf Download (2MB) |
|
Text
SURAT TUGAS PENELITIAN BERSAMA.pdf Download (1MB) |
|
Text
PEER REVIEWER.pdf Download (96kB) |
Abstract
Buku ini merupakan laporan hasil penelitian di Desa Suro Bali Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini dibiyayai sepenuhnya oleh dana DIPA STAIN Curup tahun buku 2017 dengan klaster Penelitian Interdisiplin. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kegiatan keagamaan, sikap toleransi, relasi sosial dan motivasi beragama masyarakat muslim Desa Suro Bali Kecamatan Ujan MAs Kabupaten Kepahiang. Fokus masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana pola pendidikan keluarga muslim di tengah masyarakat multi-agama dalam menanamkan ajaran agama dan toleransi antar umat beragama, dan bertujuan menemukan gambaran relevansi antara relasi sosial dengan motivasi menjalankan ajaran agama masyarakat muslim di tengah masyarakat multi agama desa Suro Bali. Pendekatan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, dan wawancara sehingga. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan kesimpulan bahwa: Pertama, sikap keagamaan masyakat muslim di Desa Suro Bali masih belum terlihat. Hal ini terbukti kurangnya pemahaman ajaran Islam, kurangnya motivasi dalam menjalankan ibadah dan kegiatan keagamaan lain, tidak ada batasan pergaulan dan perkawinan antar agama sehingga terjadi konversi agama. Kedua, Bentuk-bentuk sikap toleransi antar umat beragama seperti saling menghargai umat dalam menjalankan ibadah, menjaga keamanan saat menjalankan ibadah, saling memberikan ucapan selamat dan saling berkunjung ke rumah, serta menghadiri undangan syukuran antar warga. Ketiga, pola pendidikan keluarga terhadap anak dalam menanamkan ajaran agama adalah memberikan keteladanan dan memberikan pengetahuan kepada anak mereka baik secara individu di rumah maupun di sekolah agama. Sementara pendidikan toleransi banyak diperoleh oleh anak-anak melalui interaksi sosial di masyarakat. Keempat, Motivasi dalam menjalankan ibadah ritual pada masyarakat muslim tergolong rendah, berbanding terbalik atau tidak relevan dengan antusiasme masyarakat muslim Desa Suro Bali dalam menjunjung tinggi sikap toleransi antar umat beragama melalui bentuk-bentuk relasi sosial. Faktor utamanya adalah rendahnya pemahaman masyarakat muslim tentang Islam. Sementara pada anak-anak muslim kurangnya motivasi tersebut disebabkan oleh pergaulan sosial dengan teman sebaya, hal ini terbukti pada kurangnya aktivitas keagamaan anak-anak muslim Suro Bali sampai pada kasus konversi agama. Keywords: Pendidikan; Keluarga Muslim; Masyarakat Multi Agama.
Item Type: | Book | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam | ||||
Depositing User: | Administrator Repository | ||||
Date Deposited: | 13 Mar 2020 15:14 | ||||
Last Modified: | 08 Mar 2021 01:42 | ||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/63 |
Actions (login required)
View Item |