Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren

  • Sumarto Sumarto
  • Emmi Kholilah Harahap

Abstract

Moderatisme, ummat Islam dipandang sebagai ummatanwasathan, sebagai ummat yang cinta perdamaian dan anti kekerasan.Dengan wajah senyum tersebut, Ummat Islam tampil sebagai ummat yang mengutamakan misi perdamaian, kekerasan dan toleransi.Misi ini ditujukkan ketika Islam disebarkan keseluruh pelosok dunia. Salah satu lembaga pendidikan Islam yang mengembangkan Islam Moderat adalah Pondok Pesantren, Lembaga pendidikan Islam yang banyak berkontribusi untuk kemerdekaan bangsa, kemajuan pendidikan bangsa dan memberikan dakwah untuk keselamatan di dunia dan akhirat.


Sehingga sangat jelas bahwa peran pengelolaan pondok pesantren menolak segala bentuk tindakan radikalisme dan ekstrimisme, aksi terror yang merusak sendi-sendi kerukunan dan kedamaian ummat manusia. Dalam tulisan ini, penulis ingin menjelaskan tentang bagaimana peran pondok pesantren dalam kegiatan sehari-hari di pondok pesantren, untuk mengembangkan Islam yang moderat, mulai proses belajar mengajar di kelas, kegiatan ekstra kurikuler dan pengabdian di lingkungan masyarakat sekitar pondok pesantren. Karena pondok pesantren adalah lembaga yang menggaungkan dan mengajak masyarakat dengan Islam yang moderat Islam rahmatallil’alamin

Published
2019-07-03
How to Cite
SUMARTO, Sumarto; HARAHAP, Emmi Kholilah. Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Riayah : Jurnal Sosial dan Keagamaan, [S.l.], v. 4, n. 01, p. 21-30, july 2019. ISSN 2548-6446. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1488>. Date accessed: 07 feb. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.