Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital

Main Article Content

Eristiana Saidi
Hamengkubuwono
Hendra Harmi

Abstract

Pendidikan madrasah era digital telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berbagai macam tantangan, kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi bahan pemikiran guru maupun para pemangku pendidikan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan visi misi pendidikan yang  hendak dicapai di sekolahnya. Tranformasi pendidikan telah merubah pendidikan ofline menjadi pendidikan online. Jarak jauh bukan menjadi hambatan terlaksananya sebuah pendidikan. Metode penelitian dengan menggunakan metode kajian literatur terkait dengan transpormasi pendidikan di era digital dengan berbagai kajian bersumber referensi dari buku, artikel jurnal dan sumberlainnya yang mendukung tulisan ini. Tujuan penulisan ini untuk memperkuat  kemampuan dalam berfikir  terhadap berbagai teori dari para ahli maupun hasil kajian penelitian yang relefan. Pembelajaran era digital adalah pembelajaran dengan cara online menggunakan data internet yang dikenal dengan istilah daring. Pembelajaran Online merupakan kegiatan pembelajaran yang pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan media internet. Pembelajaran daring bisa dikatakan efektif apabila pemilihan metodenya tepat dengan pemilihan metode yang baik akan mempengaruhi minat belajar siswa. Sarana untuk mencapai semua komponen yang diperlukan dari pembelajaran online itu memerlukan data sinyal, paket kuota, keberadaan media dan metode pembelajaran efektif dan menyenangkan. Metode pembelajaran online memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Google Clasroom, Whatsapp, Telegram, Zoom, dan messenger.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah. (2017). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. 01(01), 45–62. https://ejournal.unuja.ac.id

Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Kesenjangan Informasi: Akar Informasi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149.

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724

Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Emarawati, J. A. (2020). Penggunaan Teknologi Oleh Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Selama Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia Y . A . I.

G, E. (2021). Dampak Penerapan Pembelajaran Online ( Daring ) Bagi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar ) SKRIPSI. Universitas Muhammadiyah Keguruan, Fakultas Ilmu, D A N Studi, Program Sosiologi, Pendidikan, 90.

Hamengkubuwono. (2021). Manajemen Berbasis Sekolahdi Smp Negeri 1 Rejang Lebong. Ar-Risalah, XIX(Oktober), 1–14.

Harmi, H., Asha, L., & Yumiarty, Y. (2020). Students, Radicalism, and Entrepreneurship (A Case Study at IAIN Curup).

AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5(2), 139. https://doi.org/10.29240/ajis.v5i2.1478

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Kementrian Agama RI.

Haryadi. (2021). Kecakapan TIK dalam Pembelajaran Abad 21. Artikel.

Imran, S. (2014). Komponen Pembelajaran Yang Terlibat Dalam Online Learning (E-Learning). Artikel.

Kominfo, A. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan. Berita Kedinasan.

M. H. Masyithoh. (2020). Vol. 1, No. 1, Februari – Oktober 2020. Jurnal Jumpa, 1(1), 37–50.

Mulyana, E., & Saepudin, A. (2019). Perkembangan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, 18, 119–134. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.550

Nirmala, P. O., Medida, V. A., & Widianti, V. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.

Otifia, N. (2021). 5 Cara Membuat Siswa Suka Belajar di Kelas Daring. Aku Pintar.

Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi) Laboratorium Ipa Smp Negeri Di Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 65–76.

Prayetno, W. (2013). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran Abad 21. Artikel.

Rifai, Achmad, G. S. (2020). SMA di Era Digital. Kekuatan Hukum Lembaga Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan, 21(2).

Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 146–148. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia

Rumah.com. (2020). Mengenal Metode Pembelajaran Daring yang Efektif. Rumah.Com.

Satariyah. (2020). Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Agama RI.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Ddaring dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). MUTAKALILIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 11–21. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3573

Wendhie Prayitno. (2013). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran Abad 21. Artikel.

widia Kurniasih. (2021). 17 Pengertian TIK Menurut Para Ahli, Peran dan Manfaatnya. Artikel.

yuliani weda, D. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Pendidikan.

yusril, farhania putri. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2