Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital
Main Article Content
Abstract
Pendidikan madrasah era digital telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Berbagai macam tantangan, kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi bahan pemikiran guru maupun para pemangku pendidikan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan visi misi pendidikan yang hendak dicapai di sekolahnya. Tranformasi pendidikan telah merubah pendidikan ofline menjadi pendidikan online. Jarak jauh bukan menjadi hambatan terlaksananya sebuah pendidikan. Metode penelitian dengan menggunakan metode kajian literatur terkait dengan transpormasi pendidikan di era digital dengan berbagai kajian bersumber referensi dari buku, artikel jurnal dan sumberlainnya yang mendukung tulisan ini. Tujuan penulisan ini untuk memperkuat kemampuan dalam berfikir terhadap berbagai teori dari para ahli maupun hasil kajian penelitian yang relefan. Pembelajaran era digital adalah pembelajaran dengan cara online menggunakan data internet yang dikenal dengan istilah daring. Pembelajaran Online merupakan kegiatan pembelajaran yang pelaksanaannya dilakukan dengan menggunakan media internet. Pembelajaran daring bisa dikatakan efektif apabila pemilihan metodenya tepat dengan pemilihan metode yang baik akan mempengaruhi minat belajar siswa. Sarana untuk mencapai semua komponen yang diperlukan dari pembelajaran online itu memerlukan data sinyal, paket kuota, keberadaan media dan metode pembelajaran efektif dan menyenangkan. Metode pembelajaran online memanfaatkan beberapa aplikasi seperti Google Clasroom, Whatsapp, Telegram, Zoom, dan messenger.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Tadbir Muwahhid agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Tadbir Muwahhid.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Abdullah. (2017). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. 01(01), 45–62. https://ejournal.unuja.ac.id
Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Kesenjangan Informasi: Akar Informasi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149.
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724
Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Emarawati, J. A. (2020). Penggunaan Teknologi Oleh Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Selama Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia Y . A . I.
G, E. (2021). Dampak Penerapan Pembelajaran Online ( Daring ) Bagi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar ) SKRIPSI. Universitas Muhammadiyah Keguruan, Fakultas Ilmu, D A N Studi, Program Sosiologi, Pendidikan, 90.
Hamengkubuwono. (2021). Manajemen Berbasis Sekolahdi Smp Negeri 1 Rejang Lebong. Ar-Risalah, XIX(Oktober), 1–14.
Harmi, H., Asha, L., & Yumiarty, Y. (2020). Students, Radicalism, and Entrepreneurship (A Case Study at IAIN Curup).
AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 5(2), 139. https://doi.org/10.29240/ajis.v5i2.1478
Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Kementrian Agama RI.
Haryadi. (2021). Kecakapan TIK dalam Pembelajaran Abad 21. Artikel.
Imran, S. (2014). Komponen Pembelajaran Yang Terlibat Dalam Online Learning (E-Learning). Artikel.
Kominfo, A. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan. Berita Kedinasan.
M. H. Masyithoh. (2020). Vol. 1, No. 1, Februari – Oktober 2020. Jurnal Jumpa, 1(1), 37–50.
Mulyana, E., & Saepudin, A. (2019). Perkembangan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, 18, 119–134. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.550
Nirmala, P. O., Medida, V. A., & Widianti, V. A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Otifia, N. (2021). 5 Cara Membuat Siswa Suka Belajar di Kelas Daring. Aku Pintar.
Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi) Laboratorium Ipa Smp Negeri Di Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 65–76.
Prayetno, W. (2013). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran Abad 21. Artikel.
Rifai, Achmad, G. S. (2020). SMA di Era Digital. Kekuatan Hukum Lembaga Jaminan Fidusia Sebagai Hak Kebendaan, 21(2).
Rosana, A. S. (2010). Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Industri Media di Indonesia. Gema Eksos, 5(2), 146–148. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia
Rumah.com. (2020). Mengenal Metode Pembelajaran Daring yang Efektif. Rumah.Com.
Satariyah. (2020). Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauh. Kementrian Agama RI.
Shadiqien, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Virtual Pembelajaran Ddaring dalam Masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). MUTAKALILIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 11–21. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3573
Wendhie Prayitno. (2013). Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran Abad 21. Artikel.
widia Kurniasih. (2021). 17 Pengertian TIK Menurut Para Ahli, Peran dan Manfaatnya. Artikel.
yuliani weda, D. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Pendidikan.
yusril, farhania putri. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2