Kepemimpinan Kepala MTS Negeri 1 Lubuklinggau dalam Membina Budaya Islam Moderasi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lubuklinggau dalam membina budaya Islam moderasi dan hasil pembinaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lubuklinggau terdiri dari peran leader, administrator, supervisor, edukator, manajer, motivator dan inovator. Hasil pembinaan budaya Islam moderasi pada aspek akidah mengadakan ceramah agama, menekankan penerapan pelajaran akidah akhlak. Pada aspek ibadah dengan mendirikan rumah tahfiz dan program tahfiz Al-Qur’an, memasukkan pelajaran tahfiz Qur’an pada pelajaran muatan lokal, menyediakan guru hafiz Qur’an 30 juz, dan memondokkan siswa-siswi selama sebulan menghapal Al-Qur’an secara bergiliran. Pada aspek akhlak lebih banyak kegiatan seni dan olahraga dibandingkan kegiatan keagamaan baik untuk guru dan staf maupun untuk siswa
Article Details
How to Cite
[1]
S. Sukardi, H. Hamengkubuwono, and I. Ifnaldi, “Kepemimpinan Kepala MTS Negeri 1 Lubuklinggau dalam Membina Budaya Islam Moderasi”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 281-286, .
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
References
Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2002
Abdul Rahman,Dudung , Memahami Moderasi Dalam Islam, Replubika.co.id/berita/ocukc396/2016
Badeni, Kepmimpinan Dan Perilku Organisasi, Bandung : Alfabeta, 2014
Bimas Islam Direktorat Jenderal Bimbingan masyarakat Islam, 13 September 2019
Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung : Puska Setia, 2002
Misrawi, Zuhairi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010
Miles dan Huberman. Qualitative and Analysis A Sourcebook Of New Methods 1992. Alih bahasa oleh Munandir.
Muflih, Anik , Peran Kepala Sekoalh Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, IAIN Kudus, Indonesia, Volume 7, Nomor 2, 2019
Abdul Rahman,Dudung , Memahami Moderasi Dalam Islam, Replubika.co.id/berita/ocukc396/2016
Badeni, Kepmimpinan Dan Perilku Organisasi, Bandung : Alfabeta, 2014
Bimas Islam Direktorat Jenderal Bimbingan masyarakat Islam, 13 September 2019
Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung : Puska Setia, 2002
Misrawi, Zuhairi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010
Miles dan Huberman. Qualitative and Analysis A Sourcebook Of New Methods 1992. Alih bahasa oleh Munandir.
Muflih, Anik , Peran Kepala Sekoalh Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, IAIN Kudus, Indonesia, Volume 7, Nomor 2, 2019