Kepemimpinan Kepala MTS Negeri 1 Lubuklinggau dalam Membina Budaya Islam Moderasi

Main Article Content

Sukardi Sukardi Hamengkubuwono Hamengkubuwono Ifnaldi Ifnaldi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lubuklinggau dalam membina budaya Islam moderasi dan hasil pembinaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lubuklinggau terdiri dari peran leader, administrator, supervisor, edukator, manajer, motivator dan inovator. Hasil pembinaan budaya Islam moderasi pada aspek akidah mengadakan ceramah agama, menekankan penerapan pelajaran akidah akhlak. Pada aspek ibadah dengan mendirikan rumah tahfiz dan program tahfiz Al-Qur’an, memasukkan pelajaran tahfiz Qur’an pada pelajaran muatan lokal, menyediakan guru hafiz Qur’an 30 juz, dan memondokkan siswa-siswi selama sebulan menghapal Al-Qur’an secara bergiliran. Pada aspek akhlak lebih banyak kegiatan seni dan olahraga dibandingkan kegiatan keagamaan baik untuk guru dan staf maupun untuk siswa

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sukardi, H. Hamengkubuwono, and I. Ifnaldi, “Kepemimpinan Kepala MTS Negeri 1 Lubuklinggau dalam Membina Budaya Islam Moderasi”, Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 281-286,  .
Section
Articles

References

Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2002
Abdul Rahman,Dudung , Memahami Moderasi Dalam Islam, Replubika.co.id/berita/ocukc396/2016
Badeni, Kepmimpinan Dan Perilku Organisasi, Bandung : Alfabeta, 2014
Bimas Islam Direktorat Jenderal Bimbingan masyarakat Islam, 13 September 2019
Danim, Sudarwan, Menjadi Peneliti Kualitatif, Bandung : Puska Setia, 2002
Misrawi, Zuhairi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari Moderasi, Keutamaan, dan Kebangsaan Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010
Miles dan Huberman. Qualitative and Analysis A Sourcebook Of New Methods 1992. Alih bahasa oleh Munandir.
Muflih, Anik , Peran Kepala Sekoalh Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, IAIN Kudus, Indonesia, Volume 7, Nomor 2, 2019