PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUKU ANAK DALAM DESA MUARA TIKU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Murni Yanto

Abstract

Anak merupakan aset yang menentukan kelangsungan hidup,kualitas dan kejayaan suatu bangsa di masa mendatang.OLeh karena itu anak perlu dikondisikan agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan didik sebaik mungkin agar di masa depan agar menjadi generasi penerus yang berkarakter serta berkepribadian yang baik. Tujuan penenelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalamMembentuk karakter suku anak dalam desa Muara Tiku. Dalam  memahami Peran Orang Tua  Dalam Membentuk Karakter Anak, Suku Anak Dalam Musi Rawas Utara. Metode deskriftif kualitatif adalah data yang dikumpulkan ialah berupa kata-kata, Gambar dan bukan angka-angka, penelitian yang berisi kutipan data untuk memberi gambaran mengenai peran orang tua dalam membentuk karakter anak suku anak dalam Musi Rawas Utara. Dan Pengumpulan data  wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Pemahaman orang tua tentang pentingnya karakter religius sangat dibutuhkan dan semua orang tua harus memahami karakter riligius ditanamkan pada diri anak sejak kecil.Agar anak menjadi pribadi yang baik,dan manusia yang berakhlak yang mulia serta bertaqwa seperti yang diinginkan dalam pendidikan agama Islam,zaman sekarang ini dunia yang sudah berglobalisasi akan mempengaruhi karakter religius.Bimbingan dan perhatian orang tua sangat diperlukan untuk kepentingan pembentukan karakter religius pada anak agar anak terhindar dari pengaruh teman,lingkungan yang tidak baik dan pengaruh zaman yang buruk.pelaksanaan pembentukan karakter antara Temuan penelitian  peran orang tua dalam membentuk karakter anak suku anak Dalam memberikan: (a) pembiasaan, (b) keteladanan, (c) penguatan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi faktor biologis dan lingkungan. Adapun faktor penghambat yang ditemukan dalam lain: Faktor budaya global dan teknologi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yanto, M. (2022). PERAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SUKU ANAK DALAM DESA MUARA TIKU. Jurnal Perspektif, 15(1), 39–59. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.74

References

  1. Abdul Majid dan Dian Andayani. (2013). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.
  2. Abdul Mujib. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana.
  3. Aripin Eko Saputra. (2019). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Siswi SMP Pgri 6 Bandar Lampung. Universitas Lampung.
  4. Dindin Jamaludin. (2013). Paradigm Pendidikan Anak Dalam Islam. Pustaka Setia.
  5. Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, dan N. H. (2019). Metode-metode Pembelajaran Pendidikan Karakter. Edu Publisher.
  6. Fahida Sani. (2017). Metode Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di SMPN 1 Ngunut Tahun 2015/2016. IAIN Tulung Agung.
  7. Hardi Prasetiawan. (2016). Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 50–60. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/584
  8. Herles Anwar. (2019). Dakwah Melalui Pembinaan Keagamaan Terhadap Masyarakat Muslim Pedalaman Oleh Penyuluh Agama Islam Non Pns Kecamatan Tebas, Sambas. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(1).
  9. Imaniyah Khairunnisa, dkk. (2018). Kebijakan Pendidikan Dasar dan Islam Dalam Berbagai Perspektik. Omera Pustaka.
  10. Jihad, Salimul, and M. S. (2018). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas Vi Mi Nw Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 17(1), 96–118. https://core.ac.uk/download/pdf/266979445.pdf
  11. Kementerian Agama RI. (2016). Mushaf Al-Qur’an Terjemah. Karmila Jaya Ilmu.
  12. LinkarKata. (2019). Buku Pintar Alam Sekitar. PT Elex Media Kompution, Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.
  13. Machful Indra Kurniawan. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
  14. Murni Yanto. (2017). Penerapan Teori Sosial Dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Kelas 1 MIN Rejang Lebong. Terampil: .Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 65–85. https://doi.org/https: doi.org/10. 24092/ Trampil.v4i2.2218
  15. Murni Yanto. (2019). Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(3), 123–130. https://doi.org/http://doi.org/10.29210/13700
  16. Pipit Febrianti. (2014). Pelayanan Kesejahteraan Sosial Terhadap Anak Terlantar di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 03 Tebet Jakarta Selatan [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26932
  17. Rahmadanni, dkk. (2017). Membangun Karakter Islami Anak dengan Mushafahah. Grup Penerbit CV Budi Utama.
  18. Ridwan Abdullah Sani dan M.Kadri. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembagkan Karakter Anak yang Islami. PT. Bumi Aksara.
  19. Rina Astarika. (2016). Konflik Agraria Suku Anak Dalam Jambi Dalam Tinjauan Sosiologi. In: Indonesia Yang Berkeadilan Sosial Tanpa Diskriminasi. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/7988/
  20. Risdianto, E. & Yanto. M. (2021). Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap MOOCs berbantu Augmented Reality. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 1487–1500. https://doi.org/http://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.907
  21. Shoimin Aris. (2014). Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Penerbit Gava Media.
  22. Sindonews.com. (n.d.). asal-usul-dan-cara-hidup-suku-anak-dalam-di-sumatera. Sindo. https://daerah.sindonews.com/berita/1452517/29/asal-usul-dan-cara-hidup-suku-anak-dalam-di-sumatera
  23. Syamsul Kurniawan. (2004). Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
  24. Syamsul Yusuf LN. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Rosdakarya.
  25. Syarbini Amirulloh. (2015). Buku Panduan Guru Hebat Indonesia. Ar-Ruzz Media.
  26. Ulul Azam. (2016). Bimbingan dan konseling perkembangan di sekolah teori dan praktik. Deepubli Kencana.