Analisis kesiapan program moderasi beragama di lingkungan sekolah/madrasah

Hendra Harmi(1),
(1) Institut Agama Islam Negeri Curup  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2022 Hendra Harmi

DOI : https://doi.org/10.29210/021748jpgi0005

Full Text:    Language : en

Abstract


Sekolah/madrasah dianggap sebagai lembaga pendidikan yang efisien untuk membangun nada moderat dalam pandangan dan tindakan keagamaan. Potret dan metode pendidikan harus dipromosikan dan diekspos kepada khalayak luas untuk menjadi prototipe dan model bagaimana moderasi beragama dibina pada siswa. Artikel ini membahas bagaimana sekolah/madrasah dipersiapkan untuk menjalankan program Moderasi Beragama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan sekolah/madrasah, ASN, dan pelaksana kebijakan dalam memenuhi maksud dan tujuan program moderasi beragama di lembaga pendidikan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dalam penelitian ini. Kuesioner terbuka menyediakan alat pengumpulan data. Temuan studi menunjukkan bahwa sekolah/madrasah masih belum sepenuhnya siap untuk melaksanakan program moderasi beragama. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya indikator yang belum terpenuhi oleh beberapa sekolah/madrasah untuk mensukseskan program moderasi beragama yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

References


Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 9(2), 263. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719

Anggaran Moderasi Beragama Dari Rp 400 M Jadi Rp 3,2 T |Republika online. (2021, September 23). Republika Online. https://republika.co.id/berita/qzvo84335/anggaran-moderasi-beragama-dari-rp-400-m-jadi-rp-32-t

Az Zafi, A. (2020). Penerapan nilai-nilai moderasi al-qur’an dalam pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis, 21(1), 23. https://doi.org/10.14421/qh.2020.2101-02

Campbell, H. (2010). When religion meets new media. Routledge.

Dawing, D. (2018). Mengusung moderasi Islam Di tengah masyarakat multikultural. Rausyan Fikr: Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin dan Filsafat, 13(2), 225-255. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i2.266

Definisi Koordinasi Di Dalam Objek Organisasi Menurut Para Ahli. (n.d.). Materi Belajar. https://www.materibelajar.id/2016/01/definisi-koordinasi-di-dalam-objek.html

Fajar Nur’aini D.F., M. (2019). Panduan Lengkap Menyusun SOP & KPI. Anak Hebat Indonesia.

Fauzian, R., Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membentuk Sikap Moderat Siswa Madrasah: Moderasi Beragama. AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, 6(1), 1-14. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/933

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 1-22. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182

Kementerian Agama RI (2019). Moderasi Beragama, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Litiloly, A. (2020). Implementasi Kebijakan Penguatan Moderasi Beragama Di Lingkungan Kementerian Agama Kota Ambon. Jurnal 12 Waiheru, 6(1), 102-118. http://ejurnal12waiheru.org/index.php/ejurnal12waiheru/article/view/13

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif.

Muhammad Nur Rofik, & Misbah, M. (2021). Implementasi program Moderasi Beragama Yang Dicanangkan oleh Kementerian agama Kabupaten Banyumas Di Lingkungan Sekolah. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(2), 230-245. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i2.7611

Muhidin, M., Makky, M., & Erihadiana, M. (2021). Moderasi Dalam Pendidikan Islam Dan Perspektif Pendidikan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 22-33. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.456

PPIM UIN Jakarta. (2017). Redam Radikalisme Butuh Pendidikan Keagamaan Inklusif, Rabu, 8 November 2017 dari https://uinjkt.ac.id.

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182-194.

Schwartz, S. S., Ariev, H., Buchori, A., Zaman, A. N., & Foundation., L. (2007). Dua wajah Islam: Moderatisme vs fundamentalisme dalam wacana global.

Wawasan moderasi beragama Di lingkungan aparatur sipil negara (Asn). (n.d.). www.balitbangdiklat.kemenag.go.id. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/wawasan-moderasi-beragama-di-lingkungan-aparatur-sipil-negara-asn


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendra Harmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.