Implementasi metode pembiasaan : upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong

Angdreani, Vebri and Warsah, Idi and Karolina, Asri (2020) Implementasi metode pembiasaan : upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 19 (1). pp. 1-21. ISSN 2621-1955

[img] Text
5. At-Ta’lim Media Informasi Pendidikan Islam 2020.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (4MB)
[img] Text
PEER REVIWER IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN.pdf

Download (75kB)
Official URL: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/atta...

Abstract

Every child’s positive behavior is not necessarily attributed to their inborn character, but it is passed down through a process of habituation. Habituation as a learning method is assumed to be a proper way to embed Islamic values into students so that it develops into a culture at school. Anchored in this assumption, this study sought to find out a depiction of the habituation method implementation in an effort to instill Islamic values of SDN 08 Rejang Lebong students. The method used to obtain this depiction was a qualitative method by conducting interviews and observations to the study objects until the accurate data were gained and then analyzed using Miles and Huberman’s stages of data analysis. This study revealed that the habituation learning method was seen to be effective in instilling Islamic values in SDN 08 Rejang Lebong, and to date those values can be well-maintained. Perilaku positif setiap anak tidak serta merta melekat apa diri mereka, melainkan melalui proses pembiasaan. Pembiasaan sebagai metode pembelajaran diasumsikan sebagai cara yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai keislaman siswa sehingga hal tersebut berkembang menjadi budaya di sekolah. Berangkat dari asumsi tersebut penelitian ini ingin menemukan gambaran pelaksanaan metode pembiasaan dalam rangka menanamkan nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. Metode yang digunakan untuk memperoleh gambaran tersebut adalah metode kualitatis, dengan cara melakukan wawancara dan observasi ke obyek penelitian sampai memperoleh data yang akurat selanjutnya dianalisis menggunakan tahapan versi (mels dan habermen) sehingga diperoleh simpulan bahwa metode pembelajaran pembiasaan dipandang efektif dalam penanamkan nilai-nilai islami di SDN 08 Rejang Lebong dan hingga saat ini nilai-nilai tersebut masih dapat terjaga dengan baik. Keywords Nilai-nilai islami; budaya islami; Metode Pembiasaan

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Angdreani, VebriUNSPECIFIED
Warsah, Idiidiwarsah@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:28
Last Modified: 26 Oct 2022 03:04
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item