Peranan Kegiatan Supervisi dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan Kegiatan Pengajaran di Sekolah

Kardina, Nina and Azwar, Beni and Hartini, Hartini (2022) Peranan Kegiatan Supervisi dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan Kegiatan Pengajaran di Sekolah. LITERASI : Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 1 (2). pp. 148-156. ISSN 2963-4962 (Unpublished)

[img] Text
416 - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
turnitin3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer reviwer (20).pdf - Supplemental Material

Download (253kB)
Official URL: http://ejournal.baleliterasi.org/index.php/literas...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan supervisi pelayanan bimbingan dan konseling dan Kegiatan pembelajaran di sekolah. Dimana, Supervisi merupakan satu komponen penting dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Melalui supervisi diharapkan dapat menjadi upaya dalam pengentasan permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Permasalahan yang beragam tentu berimbas pada kualitas dan produktivitas pengajar dalam bekerja. Hakikatnya guru mampu melaksanakan tanggung jawabnya yakni memberikan pengajaran serta pendidikan, tidak hanya berlaku untuk guru kelas dan guru mata pelajar, hal serupa juga berlaku bagi guru BK yang bertugas untuk membantu peserta didik dalam mengentaskan permasalahan akademik maupun non akademiknya. Dengan demikian supervisi memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Oleh karenanya, peneliti dalam hal ini melakukan analisis terhadap implementasi supervisi dan pengaruhnya pemberian layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pengajaran di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan library research dimana data-data yang dikumpulkan diperoleh dari berbagai literatur karya ilmiah penelitian terdahulu, seperti; jurnal, buku, tesis, dan lain sebagainya yang kemudian dianalisis sesuai dengan teori dan pokok isu yang peneliti angkat. Bagaimana perbedaan antara supervisi pelayanan bimbingan dan konseling dan supervisi pembelajaran di sekolah. Serta apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat menjadi referensi tambahan bagi pembaharuan sistem kinerja pendidik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidik di sekolah-sekolah.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Kardina, NinaUNSPECIFIED
Azwar, Benibeniazwar@iaincurup.ac.id
Hartini, Hartinihartini@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: suverpisi, bimbingan dan konseling, pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Maisona Maisona
Date Deposited: 27 Jan 2023 09:30
Last Modified: 07 May 2023 06:49
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item