Komparasi Kematangan Pilihan Karir Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Kelas dan Jurusan Pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong

Yunani, Afrika and Ristianti, Dina Hajja and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono (2022) Komparasi Kematangan Pilihan Karir Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Kelas dan Jurusan Pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16 (6). pp. 2186-2193. ISSN Print ISSN : 1907-4174 Online ISSN : 2621-0681

[img] Text
1384 - Published Version

Download (38kB)
[img] Text
Dina Hajja-Turnitin-Komparasi Kematangan Pilihan Karir Siswa.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qal...

Abstract

ematangan karir ialah keberhasilan seorang individu dalam menjalankan tugas perkembangan karir sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dijalani, yang meliputi pembuatan perencanaan, pengumpulan informasi mengenai pekerjaan, dan pengambilan keputusan karir yang tepat berdasarkan pemahaman diri dan pemahaman mengenai karir yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi kematangan pilihan karir siswa/i ditinjau dari jenis kelamin, kelas dan jurusan pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparasi, dengan populasi sebanyak 488 siswa/i SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Dari populasi diperoleh 98 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau skala kematangan karir. Koefisien reliabilitas dari skala kematangan karir adalah sebesar 0,951. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan bantuan SPSS Statistics Version 24. Kemudian analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Varians atau Uji Anova. Pada penelitian ini di temukan bahwa Kematangan pilihan karir ditinjau dari jenis kelamin diperoleh jenis kelamin laki-laki dengan skor rata-rata sebesar 145,8, dan jenis kelamin perempuan dengan skor rata-rata sebesar 147. Kematangan pilihan karir ditinjau dari kelas diperoleh kelas X dengan skor rata-rata sebesar 147,51, kelas XI dengan skor rata-rata sebesar 149,75, Dan kelas XII dengan skor rata-rata sebesar 147,30. Kematangan pilihan karir ditinjau dari jurusan diperoleh jurusan FKK dengan skor rata-rata sebesar 156,89, jurusan TKJ dengan skor rata-rata sebesar 152,67, jurusan TBSM dengan skor rata-rata sebesar 144,78, jurusan TP dengan skor rata-rata sebesar 143,2, jurusan ATU dengan skor rata-rata sebesar 143, dan jurusan APAT dengan skor rata-rata sebesar 145,4. Kemudian di peroleh nilai signifikansi dari uji anova yaitu 0,001 ≤ 0,05. Maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kematangan pilihan karir siswa ditinjau dari jenis kelamin, kelas dan jurusan pada SMK Negeri 3 Rejang Lebong. Dari ketiga aspek yang dibandingkan tersebut ternyata aspek jenis kelamin memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan aspek tingkat kelas dan jurusan.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Yunani, AfrikaUNSPECIFIED
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Kematangan Pilihan Karir, Jenis Kelamin, Kelas dan Jurusan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 14 Feb 2023 09:05
Last Modified: 14 Feb 2023 09:05
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item