Kerjasama Guru Bimbingan Konseling dengan Guru Kelas dalam Penerapan Teori Cognitif pada Santri dalam Menghafal Al Qur’an di Sdit Robbi Rodiyah Curup

Azwar, Beni (2022) Kerjasama Guru Bimbingan Konseling dengan Guru Kelas dalam Penerapan Teori Cognitif pada Santri dalam Menghafal Al Qur’an di Sdit Robbi Rodiyah Curup. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8 (1). pp. 15-32. ISSN e-ISSN: 2477-8370 and p-ISSN: 2477-5916

[img] Text
4284 - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
TURNITIN (11).pdf - Supplemental Material

Download (5MB)
[img] Text
peer reviwer (24).pdf - Supplemental Material

Download (267kB)
Official URL: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JB...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan konseling (BK) dengan Guru Kelas dalam Penerapan Teori Cognitif pada Santri dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Robbi Rodiyah Curup (SDIT RR 1, SDIT RR 2, SDIT RR 3). Penelitian ini dilatarbelakangi rasa penasaran pada sekolah ini yang menggunakan 2 kurikulum (Diknas dan Kemenag) dengan fullday school, dengan tambahan program tahfidz dan para santri memiliki karakter religius, serta dapat menikmati kehidupan sehari-hari efektif (KES). Program tahfidz merupakan program unggulan yang butuh keseriusan, ketekunan dan keikhlasan kerja cognitive yang perlu pengkondisian guru di sekolah. Penelitian ini memakai metode mix method (kuantitatif-kualitatif), data akan diungkapkan dengan angket tentang fase kognitif yang hasilnya dipresentasekan secara kuantitatif dan data akan didalami secara kualtitatif dengan wawancara mendalam (depth interview), observasi dan kemudian akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Pertama; Kerjasama guru BK dan guru kelas sesuai fungsi masing-masing. Guru BK berperan sebagai konsultan dalam memahami permasalahan dari tahapan cognitive santri pmenghafal Al-Qur’an, menjaga semangat santri, pengkondisian dan perlakuan orang tua di rumah. Sedangkan guru kelas sebagai pemegang kendali dalam mengontrol hafalan santri dan kordinasi dengan orang tua santri. Kedua; Bentuk Kerjasama yang melibatkan orang tua adalah; buku kendali hafalan, parenting dan pengajian rutin, konseling, serta orang tua harus berakhlakul khorimah.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Azwar, Benibeniazwar@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 03 May 2023 03:14
Last Modified: 07 May 2023 07:05
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item