Strategi manajemen literasi Perpustakaan SDN Muara Tiku

Yanto, Murni (2025) Strategi manajemen literasi Perpustakaan SDN Muara Tiku. Jurnal Literasiologi, 14 (2). pp. 138-153. ISSN E-ISSN: 2656-3320 | P-ISSN: 2745-5440

[img] Text
1034 - Published Version

Download (37kB)
Official URL: https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php...

Abstract

Ilmu Perpustakaan merupakan institusi yang berfokus pada pengembangan literasi, yang idealnya berperan sebagai penggerak budaya membaca di kalangan siswa. Namun, upaya ini seringkali terhambat oleh rendahnya minat baca serta kecenderungan siswa untuk mengakses secara instan tanpa pendalaman sumber akademik. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru dan siswa, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan Teknik Hasil penelitian pertama Pembudayaan literasi di sekolah,kedua pembudayaan : pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Dalam tahap pembiasaan, kegiatan sederhana seperti membaca dan bercerita selama 15 menit mendorong minat baca tulis. Pada tahap pengembangan, literasi dimasukkan ke dalam pembelajaran melalui tugas analisis, resensi, eksplorasi sumber ilmiah.ketiga Penerapan manajemen strategi dalam pembudayaan literasi di sekolah, yang memperkuat keterlibatan serta kualitas akademik siswa.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmail
Yanto, MurniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:40
Last Modified: 22 Dec 2025 02:40
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item