Ringkasan Disertasi Sikap, Persepsi Kemampuan, Hambatan, Dan Harapan Dosen Di Institut Agama Islam Negeri (Iain) Indonesia Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring

Apriani, Eka (2022) Ringkasan Disertasi Sikap, Persepsi Kemampuan, Hambatan, Dan Harapan Dosen Di Institut Agama Islam Negeri (Iain) Indonesia Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RINGKASAN DISERTASI_EKA APRIANI.pdf - Updated Version

Download (592kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Sikap, Persepsi Kemampuan, Hambatan, dan Harapan Dosen IAIN Indonesia dalam penggunaan TIK pada Pembelajaran bahasa Inggris secara daring” ini bertujuan untuk menganalisis : (1) sikap dosen bahasa Inggris IAIN Indonesia dalam penggunaan TIK pada tahapan pembelajaran bahasa Inggris secara daring, (2) persepsi kemampuan dosen bahasa Inggris IAIN Indonesia dalam penggunaan TIK pada tahapan pembelajaran bahasa Inggris secara daring, (3) hambatan dosen bahasa Inggris IAIN Indonesia dalam penggunaan TIK pada tahapan pembelajaran bahasa Inggris secara daring, dan (4) harapan dosen bahasa Inggris IAIN Indonesia dalam penggunaan TIK pada tahapan pembelajaran bahasa Inggris secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dimana peneliti menggunakan metode penelitian campuran explanatory sequential. Desain penelitian ini melibatkan dua jenis penelitian dimana peneliti mengumpulkan data secara kuantitatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan kepada data kualitatif. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini dipilih secara random dan purposive. Sampel (angket) dipilih secara random yaitu berjumlah 55 orang dosen dan 686 orang mahasiswa yang berasal dari perwakilan 11 IAIN Indonesia yang terdiri dari 4 IAIN Wilayah Barat, 4 IAIN Wilayah Tengah, dan 4 IAIN Wilayah Timur. Sementara itu, sampel (wawancara) dipilih secara purposive berjumlah 22 orang dosen dan 33 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan di dalam penelitian yaitu teknik analisa data persentase dan analisis faktor menggunakan SPSS dan teknik analisa data secara kualitatif. Hasil penelitian kuantitatif didapatkan data bahwa: 1) rata-rata persentase sikap dosen yaitu 81.91% yang dikategorikan positif. Sikap paling dominan yang ditunjukkan oleh dosen dalam pembelajaran bahasa Inggris secara daring yaitu tekun dan bersemangat dalam menggunakan TIK pada pembelajaran bahasa Inggris secara daring; (2) rata-rata persentase kemampuan dosen yaitu 76.39% dikategorikan cukup. Kemampuan paling dominan yang ditunjukkan oleh dosen

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsEmail
Apriani, Ekaeka.apriani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:31
Last Modified: 23 Dec 2022 02:31
URI: http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item