Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual
Kusen, Kusen (2017) Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1 (2). pp. 190-211. ISSN 2580-5037 (online) 2580-3581 (print)
Text
300 - Published Version Download (47kB) |
|
Text
turnitin.pdf - Supplemental Material Download (3MB) |
|
Text
peer reviwer (14).pdf - Supplemental Material Download (240kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang strategis dalam pembentukan akhlak dan pribadi siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum optimal berdampak positif dalam pembentukan akhlakul karima pada diri siswa, terlihat akhlak siswa yang masih mencerminkan akhlak yang tercela, misalnya siswa sering ribut dikelas ketika guru menjelaskan pelajaran, bolos pada jam sekolah, tawuran dan sebagainya. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari Pendidikan Agama Islam yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran kontekstual ketika diterapkan pada bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Article | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Uncontrolled Keywords: | Mutu, Pendidikan Agama Islam dan pembelajaran Kontekstual | ||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||
Depositing User: | Administrator Repository | ||||
Date Deposited: | 23 Apr 2023 15:38 | ||||
Last Modified: | 04 May 2023 02:05 | ||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1463 |
Actions (login required)
View Item |