Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19
Wahid, Hasim and Kusen, Kusen and Hartini, Hartini (2021) Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (6). pp. 3885-3897. ISSN 2656-8063, 2656-8071
Text
1147 - Published Version Download (33kB) |
|
Text
Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.pdf Download (531kB) |
Abstract
Adanya COVID-19 yang menyebar keseluruh dunia, termasuk di Indonesia telah menimbulkan banyak korban jiwa. Hal ini memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh, diantaranya melalui daring, agar kegiatan pendidikan tetap berjalan, termasuk Pendidikan Agama Islam. Tentunya guru memerlukan perencanaan strategi yang berbeda dari perencanaan strategi sebelumnya, dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswa yang menjadi bagian penting tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana perencanaan strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam akibat COVID-19. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara terhadap 5 orang responden sebagai informan. Hasil yang didapat yaitu bahwa guru menempuh perencanan strategi pembelajaran dengan membangun kesiapan siswa dalam pembelajaran, mendesain perencanaan pembelajaran, penggunaan strategi dan metode, penggunaan media, sumber belajar dan bahan ajar, alokasi waktu, dan penilaian hasil belajar formatif.
Item Type: | Article | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Pasca Sarjana > Bimbingan Konseling Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mrs Hartini Hartini | ||||||||
Date Deposited: | 01 May 2023 01:45 | ||||||||
Last Modified: | 01 May 2023 03:23 | ||||||||
URI: | http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1498 |
Actions (login required)
View Item |